Menjelang Pemilu, Polres Nunukan Gelar Coffe Morning Bahas Kesiapan Keamanan Pemilu

Social share

Nunukan, Berandankrinews.com–menjelang Pemilu pilpres dan pileg yang akan berlangsung 17 April 2019, Polres Nunukan mengelar Coffe Morning bersama Wakapolda Kaltara dan Forkopimda serta penyelenggara pemilu 2019, Senin (15/4/19).

Kegiatan Coffe morning yang berlangsung di Ruang Endra Dharmalaksana Polres Nunukan bertujuan sebagai bentuk Konsolidasi kesiapan seluruh jajaran menghadapi pemungutan suara dan Perhitungan suara diseluruh TPS di Kabupaten Nunukan.

Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro memaparkan tentang Kesiapan Polres Nunukan menghadapi pemilu 2019. Menurutnya ada beberapa Kerawanan pemilu, yakni Intimidasi dan Money Politik.

Dengan kerawanan tersebut, Kapolres Nunukan akan menempatkan personil gabungan TNI-Polri dititik-titik TPS yang telah dipetakan tingkat kerawanannya.

“Kita akan menempatkan personil gabungan di TPS yang tingkat kerawanannya sangat rawan dan melaksanakan Patroli Gabungan TNI – Polri dalam rangka Cipta Kondisi,”Jelasnya.

Dia mengatakan rencananya akan ada Giat Rabu Putih, sehingga kegiatan tersebut tidak diberikan izin, karena menurutnya sebuah intimidasi.

“Rencana ada giat rabu putih, mengganggap sebuah Intimidasi sehingga sampai dengan saat ini, kita tidak memberikan ijin keramaian untuk melaksanakan Isra’ Mi’raj yang akan digelar pada hari Rabu 17 April 2019 Pkl 03.00 Wita dan juga Pelaksanaan Sholat Subuh berjemaah oleh anggota Polres Nunukan,”tutur Kapolres

Sementara itu, Wakapolda Kaltara Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum menuturkan, perkuat Sinergitas TNI – Polri serta Intansi terkait.

Dia juga menambahkan, Harapan pimpinan adalah menciptakan rasa aman bagi masyarakan dalam pelaksanaan pemilu 2019. semoga apa yang disiapkan selama ini menjadi berkah serta aman lancar dan sukses pelaksanaan pemilu 2019.

Sebagai pelaksana, KPU juga berpendapat bahwa pada umumnya KPU telah sepenuhnya siap dalam pelaksanakaan Pemilu 2019. Karena surat suara hanya tinggal di Pulau Nunukan dan tersimpan dalam gudang perwilayah, H-1 Surat suara akan langsung didistribusikan ke wilayah yg tidak ada gudang.

Sama halnya dengan Bawaslu Nunukan yang telah siap dalam pelaksanaan pemilu 2019 dan siap menghadirkan 1 orang pengawas disetiap TPS. Bawaslu juga telah melakukan sosialisasi tentang penggunaan tempat ibadah bukan sebagai tempat kampanye, Bawaslu juga melaksanakan patroli untuk mengawasi adanya money politik.

Turut Hadir dalam acara coffe Morning, Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid SE MM, Karo SDM Polda Kaltara Kombes Harry Hariyadi Badjuti, SIK, M.Hum, Dirnarkoba Polda Kaltara Kombes Adi Affandi, Dirpolairud Polda Kaltara Kombes Heri Sasangka, Dirpamobvit Polda Kaltara Kombes Faisal, S.IK,.MH, Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus S.Ip, Dandim 0911/Nnk Letkol Czi Abdillah Arif, S.E, Danlanal Nunukan Letkol Laut (P) M. Machri Mokoagow, M.Tr.Hanla, Dansatgas Pamtas Yonif Raider 613 RJA Letkol Inf Fardin Wardana, Kajari Nunukan Fitri Zulfahmi, SH, Ketua KPUD Nunukan Ramlan, Ketua Bawaslu Nunukan Yusran, Telkom Nunukan Jarot, Pwk PLN Nunukan. (Humas Polres).