Kemetrian Pendidikan Telah Membina Ribuan Anak TKI Di Sabah Dan Serawak Mulai Tingkat SD Dan SMP

NUNUKAN – (Kaltara), Selasa 30/07/2019 Kementrian pendidikan mengirim sebanyak 100 Siswa dan siswi lulusan SMP yang akan melanjudkan pendidikan tingkat SMA dan SMK di kabupaten nunukan.

Setelah lulus SMP mereka di berikan Pengarahan setelah itu diseleksi tentang jurusan yang mereka minati sesuai kemampuan.

Tahun 2019 sebanyak 150 lulusan SMP yang dibina oleh kementrian pendidikan yang ada di sabah dan serawak malaysia .

Wawancara Anshar seorang guru pengantar siswa dari malaysia ke indonesia melalui Pelabuhan nunukan “Jadi yang kami Antar saat ini adalah sekitar 100 anak siswa dan siswi diantar oleh saya sendiri ketua sabah brich kemudian ditemani oleh kordinator pendidik dari serawak pak Luki kemudian ditemani juga dengan Rekan Rekan Guru dari sabah brich.Jadi program kami ini adalah program memulangkan anak anak indonesia anak anak TKI disabah untuk kembali melanjutkan pendidikan dinegaranya”.

Khusus tahun ini sebanyak 100 anak telah kita pulangkan khusus zona kalimantan utara terbagi jadi 3 sekolah yaitu SMA Katolik santo gabriel dinunukan kemudian SMKN 1 sebatik barat dan SMK mutiara bangsa .

Jumlah secara keseluruhan dari 3 sekolah itu adalah 100 anak. Kemudian untuk zona daerah jawa sebanyak 389 anak yang sekarang ini masuk komplek perkebunan (camp) melakukan membekalan dikota kinabalu dan kemudian akan berangkat nanti pada saat tanggal 1 agustus tahun 2019.

Untuk tepatnya perdistriknya itu kami tidak ada pembagian seperti itu karna disabah ini ada 2 kantor perwakilan indonesia disabah satunya di KBRI kota kinabalu dan satunya lagi diwilayah kerja KBRI tawau meliputi daerah tawau sampai daerah lahad datu nah untuk wilayah tawau sampai lahad datu itu sendiri sangat bervariasi nominal karna pada saat kami melakukan seleksi tidak berpatokan sama dengan distrik atau daerah atau kalau kita di indonesianya itu namanya kabupaten .

kami hanya berpatokan pada persekolah per CLC kalau di indonesia namanya smp dari semua jumlah ini ada berapa yang masuk SMA.

Jadi kami juga tidak melakukan pendataan berapa untuk sma berapa untuk smk yang jelasnya kami ada total untuk tahun ini secara keseluruhan jumlah peserta penerima beasiswa itu 589 anak termasuk di Johor baru ada 3 kemudian di serawak ada 12 anak, Itu semua akan bersekolah melalui jalur beasiswa.

jadi ada 3 kategori beasiswa yang pertama itu yaitu kouta nya 500 anak namanya beasiswa afirmasi pendidikan menengah khusus anak TKI kemudian namanya beasiswa yayasan yang dibiayai langsung oleh sekolah kemudianya yang terkahir adalah mandiri yaitu fasilitasi sekolah kita pengurus sabah Brich hanya memfasilitasi sekolah kemudian yang membiayai adalah orang tua. (Yuspal)