Kelompok Tani Pakkareso 3 Secara Swadaya Bangun Sumur Bor

Social share

Berandankrinews.com, Soppeng– Memasuki musim tanam padi sawah warga Dusun Tanjonge, Desa Baringe kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng antisipasi kekeringan dan kekurangan air dengan membangun sumur bor secara Swadaya, Jumat (17/05/19).

Rusdin selaku Ketua Kelompok tani Pakkareso 3 mengatakan bahwa pembangunan Sumur bor ini berdasarkan hasil dari swadaya para petani padi, selama ini lahan sawah mereka merupakan lahan tadah hujan, oleh karena itu kami para petani melakukan swadaya bangun sumur bor.

Selama ini lahan petani hanya menggunakan lahan tadah hujan, meskipun bantuan dari pemerintah ada, namun kami ingin menunjukan kemandirian kelompok tani Pakkareso 3.

Dikatakan Rusdin, Saat ini pembangunan sumur bor telah mencapai 80 persen, sementara untuk anggaran yang kami gunakan sebesar 20 juta rupiah untuk pengeboran yang dalamnya kurang lebih 100 Meter dan pembelian mesin Pompa Air Alkon beserta Pipa.

“Insya Allah dalam minggu ini kita sudah bisa mengunakan sumur bor ini,” Jelas Rusdin yang akrab disapa Pak Kumis kepada Berandankrinews.com

Meskipun hanya swadaya, namun semangat dari para kelompok tani Pakkareso 3 sangat gigih melakukan pengeboran.

Rusdin berharap dengan adanya sumur bor itu, bisa membantu masyarakat Desa Baringe khususnya para petani sawah, tak hanya itu Dia juga berharap Kelompok tani lainnya bisa mengikuti kelompok Pakkareso 3 yang mandiri dengan berswadaya membangun sumur bor atau kegiatan lainnya. (Adriani)