Kanain Kornelius Minta Kemenkominfo Segera Sempurnakan Sinyal Telekomunikasi di Wilayah Pedalaman

Nunukan – Selain akses tranposrtasi dan listrik, akses komunikasi juga menjadi salah satu insfratruktur yang sangat penting. Sayangnya, akses komunikasi belum dapat dinikmati secara maksimal oleh masyarakat yang tinggal di wilayah ‘pedalaman’ , Nununukan Kalimantan Utara ( Kaltara)

Seperti yang terjadi di Kecamatan Sebuku, Tulin Onsoi hingga Kecamatan Sei Menggaris, signal atau jaringan komunikasi hanya dapat di jangkau dibeberapa tempat saja. 

Menyikapi hal tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nunukan, Kanain Kornelius minta kepada Pemerintah dalam hal ini Kemenkominfo da instansi yang bertanggung jawab terkait ini agar menyegerakan pemerataan sinyal jaringan komunikasi di wilayah tersebut.

” Ada beberapa hal yang menjadi alasan agar akses komunikasi atau sinyal di daerah kami harus diprioritaskan,’ ungkap Kanain, Sabtu (26/2)

Yang pertama menuut Kanain, dengan adanya jaringan komunikasi yang memadai pertumbuhan dan perkembangan pola pikir masyarakat akan lebih terbuka dan pastinya masyarakat itu sendiri pun dapat berfikir lebih luas. 

Selanjutnya, ungkap Kanain, minimnya jangkauan sinyal telekomunikasi akan menghanbat aktivitas masyarakat. Terutama apabila ada kejadian darurat seperi orang sakit, kecelakaan atau kejadian emergency lainya.

” Coba bayangkan, seandainya ada orang kecelakan di desa yang letaknya jauh dipelosok lantas tidak ada sinyal untuk komunikasi untuk menghubungi petugas kesehatan, maka sangat mungkin korban akan mengalami hal yang tak diinginkan,” paparnya

Alasan lain yang tak kalah pentingnya, sebagian wilayah pedalaman di Nunukan berbatasan langsung dengan Malaysa. Tentu jangkauan sinyal komunikasi sangat diperlukan terutama untuk beberapa Pos penjagaan TNI yang ada. 

“Dengan melihat hal tersebut, maka jangkauan sinyal untuk komunikasi tentu menjadi hal yang vital,” tegas Kanain.

Pewarta : Eddy Santri

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE