Inilah Visi Misi Kebijakan Dan Program Kapolres Nunukan

Social share

 

Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro, SIK, MH

Berandankrinews.com, Nunukan (Kaltara)- Ajun Komisaris Besar Polisi Teguh Triwantoro, SIK, MH memaparkan visi misinya kebijakan dan programnya kepada Elemen Masyarakat, Apa saja?

Berikut adalah Visi Misi Kebijakan dan Program Kapolres Nunukan Polda Kalimantan Utara

Visi :
Terwujudnya Polres Nunukan Peduli guna memperkuat Polisi Promoter dalam rangka Terciptanya situasi yang kondusif

Misi :
Meningkatkan Kualitas SDM Polres Nunukan sebagai sosok Pengayom, Pelindung dan Pelayan Masyarakat.

Melaksanakan Pelayanan Optimal, yang dapat menimbulkan kepercayaan bagi Masyarakat dalam upaya meningkatkan kesadaran hukum.

Melaksanakan Penegakkan Hukum secara Konsisten, Berkesinambungan dan Transparan untuk pemeliharaan Kamtibmas.

Menciptakan kondisi keamanan yang kondusif dengan meningkatkan peran serta masyarakat dan instansi terkait secara aktif.

Mengedepankan dan Menjunjung Tinggi Hak Asasi Manusia dalam setiap melaksanakan tugas.

• KEBIJAKAN KAPOLRES NUNUKAN

– Disiplin : Sebagai aparat penegak hukum Anggota Polres Nunukan harus taat dan patuh aturan/hukum serta tidak boleh melanggar hukum.

– Penguasaan Informasi dan Manajemen Media : Setiap anggota Polres Nunukan harus memahami arus globalisasi informasi yang berdampak pada Tupoksi dan merebut kepercayaan masyarakat.

– Sinergitas Polisional : Menjalin sinergi dengan Instansi terkait sebagai upaya deteksi dini cegah tangkal potensi gangguan Kamtibmas.

– Humanis : Anggota Polres Nunukan selalu bersikap empati, mau melayani sesama dan selalu mampu mengendalikan emosi.

– Komitmen dan Konsisten : Anggota Polres Nunukan melaksanakan Tupoksi dengan rencana aksi secara terus menerus.

• PROGRAM POLRES NUNUKAN PEDULI

(Proaktif, Edukatif, Disiplin, Unggul, Integritas)

Letak geografis wilayah hukum Polres Nunukan yang sangat strategis dan berpulau – pulau serta kaya akan sumber daya alam yang penduduknya terdiri dari beberapa etnis dan juga sebagai jalur pengiriman TKI dari berbagai daerah Indonesia khususnya dari daerah Indonesia bagian timur, namun di sisi lain dengan adanya kemajuan tersebut memunculkan berbagai permasalahan sosial seperti penyakit masyarakat , Narkoba,Miras, Pencurian, TKI Illegal, Pembunuhan, Penipuan, Trafficking in person, illegal Logging, penyelundupan, pelanggaran imigrasi.
Dari hal tersebut di atas dibutuhkan pendekatan proaktif berdasarkan kearifan lokal sebagai dasar tercetusnya Program POLRES NUNUKAN PEDULI.
Program tersebut dikemas dalam suatu Program yang langsung menyentuh masyarakat dan dampaknya sangat nyata agar Polri menjadi institusi penjaga kehidupan, pembangun peradaban dan pejuang kemanusiaan untuk memenuhi Tupoksinya sebagai aparat penegak hukum dan pelindung, pengayom serta pelayan Masyarakat.

• 5 PROGRAM RES NUNUKAN PEDULI
1. POS JABAT (Polisi Penjaga Perbatasan)*
Polmas Perbatasan dengan kegiatan sambang daerah perbatasan dan tanamkan jiwa nasionalisme ( Touring Kapolres dan jajaran dgn Sarana Kontak)

2. POS JAWARA( Polisi Jaga Jiwa dan Raga) Diilaksanakan oleh seluruh anggota Polres Nunukan dgn giat Binrohtal dilaks setiap hari kamis setiap minggu. Bertujuan utk meningkatkan keimanan dan ketakwaan anggt dalam menghadapi Tugas agar selalu berlandaskan keikhlasan dan tanpa pamrih melayani masyarakat.

3. POS MATOH ( Polisi Silaturahmi Masyarakat dan Tokoh)
Dilaksanakan oleh seluruh anggota Polres Nunukan dgn giat sambang ke Tomas dan Toga yg ada di Kab Nunukan. Bertujuan untuk Cipta Situasi yang kondusif agar tidak tercipta Potensi Konflik dengan melaksanakan komunikasi aktif dan dialogis. Dengan demikian Polri akan mendapatkan kepercayaan, kedekatan dan kemitraan dengan Masyarakat.

4. TIM PADMA ( Patroli Daerah Malam Hari)
Dilaksanakan oleh Tim Patroli Sat Sabhara dgn giat jaga Kamtib Kota, cegah kriminalitas jalanan, cegah perkelahian antar warga/kampung. Dgn sasaran seluruh masyarakat yang beraktifitas utk kehidupan.

5. NNK LINE (Nunukan Online)
Dilaksanakan oleh Tim Cybertroops dan Tim Media Res Nunukan dengan kegiatan update dan mendata kejadian kriminalitas, beri Informasi dengan masyarakat tentang Pelayanan Polri, Bangun sinergi secara online dengan semua lapisan masyarakat.
Program ini dilaksanakan sebagai bentuk publikasi di dunia maya tentang pelaksanaan Program Polres Nunukan PEDULI, sehingga kehadiran dan kemanfaatan polisi dapat dirasakan oleh semua elemen masyarakat.

• IMPLEMENTASI 5 PROGRAM POLRES NUNUKAN PEDULI DALAM BENTUK RENCANA AKSI

1. *POS JABAT (Polisi Penjaga Perbatasan)*
Polmas Perbatasan dgn giat sambang daerah perbatasan dan tanamkan jiwa nasionalisme ( Touring Kapolres dan jajaran dengan Sarana Kontak).

Jangka pendek  :
A. Pendataan kembali titik rawan gangguan kamtibmas terkait akses antar negara perbatasan kemudian data yang diperbaharui dimasukkan ke dalam database elektronik yang terintegrasi dengan NUNUKAN ONLINE.

B. SAFARI PERBATASAN Kapolres PJU Polres dan Bhayangkari ke pos pos kepolisian dan TNI di perbatasan untuk membangun empati pimpinan kepada anak buah yang berada di garis depan.

C. Sambang pengampu kepentingan instansi pemerintah  yang berada di perbatasan untuk sosialisasi program kerja Kapolres nunukan dan Polri .

2. *POS JAWARA* ( Polisi Jaga Jiwa dan Raga) dilaksanakan oleh seluruh anggota Polres Nunukan dengan kegiatan Binrohtal dilaksanakan setiap hari kamis setiap minggu. Bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan anggota dalam menghadapi tugas agar selalu berlandaskan keikhlasan dan tanpa pamrih melayani masyarakat. Sedangkan untuk pembinaan raga dilaksanakan setiap hari Jumat pagi bertujuan untuk pembinaan postur Polri yang Samapta. Sehingga diharapkan anggota Polres Nunukan memiliki Jiwa dan Raga sehat dalam melaksanakan Tugas.

A. Kegiatan Jumat keliling jajaran Polres Nunukan berupa pembersihan sarana ibadah, menjadi imam shalat Jumat, mengisi ceramah dan pengamanan kegiatan ibadah  sholat Jumat oleh  Polwan bersenjata di jalan dan lingkungan Masjid.

B. Kegiatan Minggu Keliling berupa mengisi ceramah di gereja maupun sekolah minggu oleh personil polres Nunukan yang beragama Nasrani dan Katholik.

C. FORUM KOMUNIKASI lintas agama di mako Polres Nunukan dan disiarkan langsung lewat radio setempat membahas penguatan semangat  Bhineka Tunggal Ika masyarakat Nunukan yang majemuk (minggu pertama tiap bulan)

3. *POS MATOH* ( Polisi Silaturahmi Masyarakat dan Tokoh)
Dilaksanakan oleh seluruh anggota Polres nunukan dengan kegiatan sambang ke Tokoh masyarakat dan Tokoh agama yang ada di  Kabupaten Nunukan, Bertujuan untuk Cipta situasi yang kondusif agar tidak tercipta Potensi Konflik dengan melaksanakan komunikasi aktif dan dialogis. Dengan demikian Polri akan mendapatkan kepercayaan, kedekatan dan kemitraan dengan Masyarakat.

A. Program pemolisian komunitas  : pok pemuda, hobby seperti motor atau olahraga, seni dan Pramuka dan Polisi cilik di sekolah sekolah.

B. JAMBORE Pemuda dan Pemudi Kamtibmas diikuti pemilhan duta Kamtibmas remaja dan anak anak.

C. Kartu nama Kapolres yang berisikan pesan pesan Kamtibmas , stiker nomor darurat bantuan kepolisian, pamflet siaga bencana dan deteksi dini terorisme.

4.TIM PADMA ( Patroli Desa Malam Hari)
Dilaksanakan oleh Tim Patroli Sat Sabhara dengan kegiatan jaga Kamtib Kota, cegah kriminalitas jalanan, cegah perkelahian antar warga/kampung. Dengan sasaran seluruh masyarakat yang beraktifitas untuk kehidupan.

A. Membangun kembali sikap kepolisian yang open, ethis dan trengginas dengan memberikan pelatihan beladiri dan menembak menggandeng rekan TNI sebagai pelatih atau narasumber bagi jajaran sabhara dan resmob.

B.Demonstrasi Tripatra dalam penanggulangan situasi kontijensi mulai bencana alam ( gandeng BNPB kabupaten dan Tagana untuk simulasi besar, biar mudah ).

C. Tim Padma mulai aksi di jalan khususnya jam rawan dan lokasi rawan

5.NNK LINE( Nunukan Online)
Dilaksanakan oleh Tim Cybertroops dan Tim Media Polres Nunukan dgn kegiatan update dan mendata kejadian kriminalitas, beri Informasi dengan masyarakat tentang Pelayanan Polri, Bangun sinergi secara online dengan semua lapisan masyarakat.
Program ini dilaksanakan sebagai bentuk publikasi di dunia maya tentang pelaksanaan Program Polres Nunukan PEDULI, sehingga kehadiran dan kemanfaatan polisi dapat dirasakan oleh semua.

A.Pembuatan aplikasi yang bisa diakses handphone.
Absen anggota dibuat online sehingga anggota ketahuan berada dimana dan semua punya aplikasi NUNUKAN ONLINE di Handphone.

B.Sebar berita kamtibmas  tertentu secara online agar dapat dipantau masyarakat.

C.Akses NUNUKAN online juga bisa interaksi langsung dengan polres terkait mendaftar SIM maupun SKCK secara online kemudian tinggal bawa hasil daftar online untuk ditentukan jam dan tanggal datang secara offline / langsung membuat sim  dan skck sehingga tidak perlu antri lama.

Sumber : Humas Polres Nunukan