IIfah Gunakan Liburan Ramadhan Untuk Jual Kantong Plastik Dipasar Ikan Kandang Bajoe Karena Tak Mau Susahkan Orang Tuanya

BONE, SULSEL – Berandankrinews.com – Jumat (17/5/19), dengan gerakan-gerakan lincah disela-sela ibu-ibu yang sedang belanja, Ifah (7) menawarkan kantong plastiknya. Dalam sehari bisa dapat keuntungan dari hasil jual kantong plastiknya sebesar Rp 25.000.

“Kadang juga saya bawakan belanjaan pengunjung pasar dan saya dapat tip lebih dari harga kantong plastik. Saya lebih mabbarakka (berkah) dengan menjual kantong plastik dari pada pergi meminta-minta di lampu merah,” ungkapnya.

Sabri (48), salah satu pedagang ikan yang tiap hari mangkal di pinggir sungai kandang Bajoe menuturkan, “Anak ini sangat rajin dan paling gesit diantara anak-anak yang juga jual kantong di pasar ini”.

Bunda Ani (39), Divisi Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak LSM Alakomai Group Indonesia, mengharapkan peran pemerintah terkait anak-anak yang putus sekolah dan sekarang lebih memilih jadi peminta-minta ketimbang punya usaha sendiri untuk masa depannya, ungkapnya. (Irwan N Raju)