Festival Buah Kembali Digelar, 7 Jenis Buah Durian akan Ditampilkan

Social share

Nunukan (Kaltara)- Festival Buah yang akan digelar pada Rabu (2347/19) di Desa Maspul, Kecamatan Sebatik Tengah, kini Panitia Festival Buah telah mempersiapkan perlengkapan untuk festival buah 2019.

Festival buah yang mengangkat tema ‘Gebyar Buah Perbatasan’.

Ketua Panitia, Samsul Alam, Minggu ( 21/7/19) mengatakan, ini kami adakan karena kali ini dilihat banyak buah khususnya durian, jadi bisa kami adakan.

“Dilihat tahun ini lebih besar dibanding tahun kemarin, Ujarnya.

Samsul menuturkan, Festival ini bukan hanya buah durian saja nanti yang akan ditampilkan namun segala jenis buah-buahan yang ada saat ini.

“Seluruh kelompok tani yang ada di desa Maspul ini kami arahkan untuk menampilkan 7 jenis buah durian, seperti Durian Mentega, Durian Montong, dan Durian Susu, dan jenis lainnya yang dimiliki Masyarakat disini, untuk buah-buahan lainnya terserah dari mereka mau bawa atau tidak,” kata Samsul.

Lanjutnya, persiapan kami ya seperti ini membangun tenda, intinya kami akan maksimalkan sebaik mungkin untuk festival buah ini.

Samsul juga mengatakan, adanya kegiatan Festival buah ini berkat bantuan Kecamatan Sebatik Tengah dan Pemkab Nunukan.

“Dari Kecamatan Sebatik Tengah dan Dinas Ketahanan Pangan sangat mensupport dan membantu kita, Barusan tahun ini ada bantuan dari pemerintah,”ungkapnya.

Kemeriahan festival buah yang dilangsungkan nantinya dipastikan Samsul akan meriah dibandingkan tahun lalu.

“Intinya tahun ini kami yakin lebih meriah dibandingkan tahun lalu, meskipun undangan yang kita sebar hanya 200 undangan hal ini mengingat persediaan buah yang disiapkan teman-teman takutnya terbatas, karena buah yang disediakan hanya untuk dinikmati di festival saja bukan di bawa pulang. Adapun yang bisa dibawa pulang ya nanti bisa dibeli, karena sebanyak manapun durian ini pasti tidak bakalan cukup karena di Kabupaten saja sudah heboh, padahal undangan ke Kabupaten tidak banyak hanya saja dari mulut ke mulut ini,”ungkapnya.

Samsul berharap dengan digelarnya festival buah ini, dapat memajukan Gapoktan yang memiliki 6 kelompok tani yakni Anak Maspul, Putra Maspul, Cahaya Maspul, Sumber Sawit, Polewali dan Mamminasae.

“Harapan kita bisa memajukan Gapoktan dan kelompok tani yang ada di Desa Maspul, karena mungkin kelompok tani kami yang paling aktif dibandingkan kelompok lain yang ada di Desa maupun Kecamatan lain,”ungkap Samsul Alam. (Red)