Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Umat Kukuhkan kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sekaltim

Samarinda – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Umat resmi mengukuhkan kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) SeKaltim, serta DPW Permata Ummat Partai Ummat Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (3/3/2022) siang tadi.

Dihadiri oleh Ketua Umum DPP Partai Ummat, Sekretaris Jenderal DPP Partai Ummat, Ketua Umum DPP Permata Ummat, Pengurus Wilayah Muhammadiyah Kaltim, dan Kepala Kesbangpol Kota Samarinda (mewakili Walikota Samarinda), acara pelantikan tersebut berlangsung di atas Kapal Wisata Pesut Bentong sembari mengitari sungai mahakam.

Hadir pula Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor. Isran mengapresiasi acara pelantikan tersebut yang digelar diatas kapal. Dia pun berharap, kehadiran partai pendatang baru tersebut dapat melebarkan sayapnya dan memberikan kontribusi positif bagi umat.

“Mudah-mudahan partai umat dapat menjadi partai besar. Ini luar biasa loh, tidak ada di seluruh dunia pengukuhan dan pelantikan dilaksanakan di atas kapal mengelilingi sungai terpanjang di dunia. Ini luar biasa menurut saya” ungkap Isran dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Partai Ummat, Ridho Rahmadi mengatakan, untuk menyongsong pemilihan umum 2024, saat ini pihaknya sedang menyusun dan memantapkan strukturisasi internal partai baik di setiap DPW hingga DPD yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sejumlah konsentrasi dikatakan telah dirumuskan. Selain konsolidasi yang terus diperkuat di setiap lini, penyiapan untuk menghadapi tahapan Pemilu mendatang juga jadi perhatian seperti proses verifikasi faktual.

” Yang pertama kita sekarang sedang menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan, yang pertama syarat KTA di setiap DPD minimal 150 persen, “jelas Ridho Rahmadi.

Lanjutnya, Ridho menuturkan program pencalegkan dini yang saat ini sedang digagas di antaranya program 10 ribu bacaleg muda. Hal ini adalah satu upaya untuk mewujudkan eksistensi pemuda dalam kancah politik nasional serta meningkatkan peran politik milineal dalam membangun bangsa.

“Kemudian kita ada program pencalegkan dini, termasuk di dalamnya ada program 10 ribu bacaleg muda. Karena insyallah ada 19 ribu kursi dari DPRD tingkat 1, tingkat 2 hingga DPR RI. Jadi kita juga perlu fokus menggarap segmen dari anak muda, ” bebernya.

Di sisi lain, Ketua DPW Kaltim, Dwiyanto Purnomosidhi menyampaikan, formasi kepengurusan partai Ummat di Kaltim telah menyasari seluruh Kabupaten/Kota hanya tersisa Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) yang hingga saat ini belum memiliki kepengurusan.

“Dari 10 Kabupaten/Kota Mahulu memang kita belum terbentuk, selain itu sudah ada semua, ” papar Dwiyanto.

Lagi-lagi sebagai partai politik lanjutnya, Dwi sapaan karibnya mengatakan akan terus melakukan masukan serta kritisasi dalam proses pembangunan di Kaltim dalam rangka menyuarakan aspirasi rakyat.

” Kita akan terus melakukan masukan dan kritisasi terhadap pembangunan kaltim. Kembali ke visi misi partai Ummat Rahmatan Lil Alamin yaitu sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta, kami ingin melakukan edukasi bahwa pendidikan politik itu bisa saja melalui berbagai hal, “imbuhnya.

Sekedar diketahui, formasi kepengurusan partai bentukan Amien Rais di seluruh Indonesia saat ini telah mencapai 34 DPW, DPD mendekati 500 dari total 514 Kabupaten/Kota, sementara DPRT kecamatan 5000 mendekati 7000.

Pewarta : Said Ali Rahmad