Dandim 1407/ Bone , Letkol inf Mustamin pimpin Tanam perdana Padi dilahan Demplot guna sukseskan swasembada pangan




Bone-berandankrinews.com.
Dalam rangka mendukung dan mewujudkan upaya pemerintah dalam mensuksekan swasembada pangan di Kabupaten Bone, Dandim1407/Bone Letkol Inf. Mustamin,S.E. memimpin langsung penanaman  perdana padi, di lahan Demplot yang dikelola oleh Kodim 1407/Bone, di kelurahan Ta Kecamatan Tanete Riattang Kab. Bone. Kamis 28/05/2020.

Penanaman Padi di Lahan Demplot Kodim 1407/Bone dengan luas 1 Ha,yang berlokasi di lingkungan Temmausing kelurahan Ta kecamatan Riattang Kab. Bone dipimpin langsung oleh Dandim 1407/Bone, Didampingi oleh Camat Tanete Riattang, Danramil, 07/TR, pasi Ter Kodim 1407/Bone dan diikuti oleh para Babinsa dengan Varietas Ciliwung yang dikelola oleh Babinsa Kodim 1407/Bone.

Usai Penanaman padi,Dandim 1407/Bone Letkol Inf. Mustamin,S.E.menuturkan bahwa, pagi hari ini alhamdulillah kita telah melaksanakan kegiatan penanaman padi di demplot Kodim 1407/Bone yang bekerjasama dengan kelompok tani Mega Buana, di Kelururahan Ta Kec. Tanete Riattang Kab Bone.

“Tanaman padi ini merupakan varietas Ciliwung di lokasi kurang lebih 1 hektar, “Alhamdulillah pagi ini kita dibantu oleh masyarakat setempat termasuk aparat pemerintah setempat pak camat, Lurah dan rekan rekan PPL , kemudian dalam pelaksanaan kegiatan tanam padi ini kita tetap memperhatikan dan mengukiti protokol Kesehatan untuk mencegah penularan virus Covid 19,” kata Dandim.

Lanjut, Pelaksanaan penanaman padi ini untuk membantu program pemerintah yang tetap bertanam padi Untuk menjaga ketahanan pangan walaupun di musim pandemi Covid 19,Semoga dengan apa yang kita lakukan bersama dengan masyarakat di kecamatan Tanete Riattang ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan khususnya bagi masyarakat Bone,”Ujarnya

Ditambahkan bahwa,kegiatan tanam padi ini di lahan Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani,dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

Demonstrasi Plot (Denplot) Kodim 1407/Bone ini, bertujuan untuk memberikan contoh kepada masyarakat petani disekitarnya dengan harapan, masyarakat petani dapat melihat dan ikut menerapkan,teknologi baru dibidang pertanian guna, meningkatkan produksi para petani,”Ungkap Letkol Inf. Mustamin.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya: Lurah Ta, PPL kecamatan dan PPL kelurahan dan mahasiswa Politeknik pembanguna pertanian Gowa dan Ketua Kelompok tani Mega Buana.
(Pendim 1407/Bone)

Muh Ishak Hammer