Bangun Green House(Rumah Pembibitan) Kadis Ketapang Bone Siap wujudkan Swasembada pangan di bumi Arung Palakka


Bone-Berandankrinews.com
Satu lagi inovasi yang terbaik yang digolkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Bone H. A Asman Sulaiman untuk mewujudkan swasembada pangan di Bone yakni pembuatan Green House (Rumah Pembibitan).

Green House yang dibangun di Desa Lampoko Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone ini diresmikan langsung oleh Plt Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan Kemal Redindo Syahrul Putra SH MH yang ditandai dengan pengguntingan pita, Rabu (26/1/2022).

Peresmian Green House ini dihadiri Drs. H. A. Islamuddin, MH, Kadis Ketahanan Pangan Bone H. A. Asman Sulaiman, Dandim 1407 Tauwarani Bone Letkol Kav.Budiman SE, Kacab Bank Sulselbar Bone, Ketua Komisi II DPRD Bone, A.Idris Rahman, SH, para camat, penyuluh dan kelompok tani.

Plt Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Sulsel Kemal Redindo Syahrul Putra dalam sambutannya memuji kinerja Kadis Asman.

Putra Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ini menilai inovasi pembuatan Green Housee oleh Kadis Asman diharapakan mampu memacu daerah lain untuk memaksimalkan program pemanfaatan pekarangan lestari (P2L) yang telah berjalan.

“Pembuatan rumah pembibitan atau Green House ini kami harapkan tidak hanya sampai di sini, namun bisa dikembangkan sehingga memacu minat mileneal terjun di usaha bidang pertanian,” ungkap Kemal.

Kata Kemal, Green House bisa dijadikan rumah pembelajaran bagi masyarakat dan anak muda milineal yang ingin berusaha di bidang pertanian.

Kata Dia kerja sama dengan Bank Sulselbar diharapkan bisa berlanjut di kabupaten lain agar upaya untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi bisa terpenuhi disetiap daerah.

“Mohon dukungan dari kabupaten Bone dalam mendukung program pertanian dan program P2L yang sudah berjalan,” harapnya.

Senada Dengan Plt Kadis Ketapang Provinsi Sulsel, Sekda Bone H Andi Islamudin juga memuji kinerja Kadis Asman.

“Inovasi yang dilakukan Kadis Asman patut diapresiasi. Pembangunan Green House ini tidak menggunakan APBD Kabupaten maupun Provinsi, akan tetapi berkolaborasi dengan Bank Sulselbar,” pujinya

Kata Sekda Bone, Program P2L manfaatnya luar biasa, selain bisa membantu ekonomi keluarga juga bisa membantu agar gizi keluarga bisa terjaga.

“Kemampuan itu penting, akan tetapi membangun networking jauh lebih penting. Saya kira kolaborasi antara pusat, provinsi dan daerah yang dilakukan Kadis Asman ini sangat luar biasa,” pungkasnya.

Kadis Ketapang Bone H Andi Asman Sulaiman yang ditemui menjelaskan, green house ini merupakan pusat pembibitan berbagai jenis bibit sayur.

Asman menyebut pembuatan Green House ini adalah salah satu langkah membangun konsep pertanian yang terintegarasi mulai dari hulu ke hilir mulai dari pembibitan, pendistribusian, pengolahan, keamanan dan pemasaran.

“Para kelompok yang memiliki lahan dan telah diolah bisa bermohon ke Dinas Ketapang untuk pemenuhan bibitnya, nanti kami distribusikan dan kami akan bina,” pungkasnya

Dalam kegiatan peresmian Green House juga dirangkaikan penyerahan bantuan bibit kepada kelompok wanita tani (KWT).

Juga dilakukan penyerahan bantuan program pembuatan lumbung pangan kepada Gapoktan Massenrengpulu Kecamatan Libureng senilai Rp 960 juta dari APBN.

Bantuan program Family Farming ke Kelompok Tani Amanah Kelurahan Bukaka senilai Rp 193 juta, dan Bantuan Program P2L kepada KWT Batara None Senilai Rp 90 juta.

Post
By Iwan Hammer

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE