APDESI BONE Support dan Dukung penuh lomba Mountain bike di Desa Tadang Palie


Bone-Berandankrinews
Beberapa tahun terakhir sepeda menjadi salah satu alternatif olah raga yang menyenangkan. Karena peminatnya begitu tinggi, harga sepedapun sempat menjadi mahal . olahraga inipun sangat digandrungi Semua kalangan orang tua ,remaja Anak Anak perempuan dan laki-laki

Sepeda yang sudah lama ditaruh di gudang, dikeluarkan kembali buat diperbaiki. Olahraga bersepeda banyak manfaatnya untuk kesehatan fisik dan mental.
beberapa Foto mountain bike Yang jalur menantang

“Bersepeda itu melatih otot kaki dan melatih pernapasan, tapi jangan pula memaksakan diri”

Bersepeda Salah Satu pilihan olahraga dalam gerakan aktivitas fisik yang mudah dilakukan, murah dan juga ramah lingkungan.


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam bersepeda. kapan waktu yang tepat, serta berapa jam bersepeda yang baik,

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Dr.med. Setiawan, dr. yang diungkap Di unpad pada 22 Juni 2020 mengatakan bersepeda memang olahraga yang menyehatkan.

bersepeda bila dilakukan dengan dosis yang tepat akan meningkatkan daya tahan tubuh. Dari sisi kejiwaan, bersepeda dapat meningkatkan rasa senang, nyaman, dan percaya diri.

Karena itu, Ketua Komunitas Sepeda “i-Go” Unpad ini menyarankan, waktu dan jarak bersepeda sebaiknya disesuaikan dengan kesanggupan seseorang.

Seseorang yang rutin berolahraga tentunya akan terbentuk kemampuan fisik dan kebugaran yang lebih baik, sehingga kecepatan dan kemampuan bersepeda akan meningkat dengan sendirinya.

Yang penting, jangan memaksakan diri. Lebih baik lagi, bila kita memantau detak jantung kita berada di zona latihan sedang, atau kita bersepeda tidak terlalu payah sehingga tidak kesulitan bernapas,” katanya..

Mari kita simak uraian lengkapnya berikut ini. Ada banyak manfaat bersepeda di pagi hari bagi kesehatan tubuh, seperti:

1.Memperkuat otot kaki
Gerakan kaki memutar ketika bersepeda merupakan latihan yang baik untuk memperkuat otot kaki. Bersepeda dapat memperkuat otot di paha depan, paha belakang, bokong, dan betis.

2.Meningkatkan kesehatan jantung
Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga kardio, sehingga bersepeda di pagi hari dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Dari itu mulai bermunculan semacam komunitas bike to work yang mengajak masyarakat bersepeda ke tempat kerja, ke sekolah atau kemana pun.

3.Memperkuat otot inti
Melatih tubuh bagian atas, saat bersepeda perlu berusaha menjaga sepeda tetap di posisi yang tepat.
Ini akan membuat otot-otot bekerja lebih keras.
Bersepeda juga memperkuat punggung.

4.Menjaga tekanan darah
Membantu menurunkan tekanan darah selama periode waktu tertentu hingga 4,3% setelah 3 bulan, dan 11,8% setelah 6 bulan.
Tekanan darah terkontrol dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5.Menjaga berat badan ideal.
Mampu membakar hingga 300 kalori per jam, meningkatkan laju metabolisme, membangun otot dan membakar lemak tubuh.

6.Meningkatkan kesehatan paru-paru
Berolahraga termasuk bersepeda secara rutin bisa membantu meningkatkan kesehatan paru-paru.
Melakukan kegiatan fisik juga akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

7.Kesehatan mental
Manfaat bersepeda di pagi hari juga bisa dirasakan secara psikologis. Refreshing juga didapatkan ketika bersepeda, mental bisa lebih tenang terjaga.

8.Meningkatkan kebugaran tubuh
Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang sering bersepeda biasanya lebih bugar jika dibandingkan orang yang melakukan aktivitas fisik lainnya.

9. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.
Bersepeda direkomendasikan sebagai program rehabilitasi yang efektif untuk orang untuk masalah keseimbangan dan berjalan

Banyaknya komunitas sepeda yang ada di kabupaten Bone sehingga memungkinkan untuk dilaksanakan event Mountain bike agar hoby bersepeda komunitas komunitas Yang ada Bisa tersalurkan ke arah yang lebih positif

lomba balap sepeda (Gobar Mountain Bike), yang akan digelar Oleh salah satu komunitas sepeda Bone di Desa Tadang Palie, Kecamatan Ulaweng, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Minggu (16/1/2022)

APDESI BONE sangat Merespon dan mensupport adanya kegiatan Ini, sebagai bentuk kepedulian terhadap olahraga khususnya bersepeda,dalam kegiatan Ini Juga Sekaligus dirangkaikan pelantikan Pengurus Komunitas Sepeda Ulaweng bike, Kegiatan Inipun akan dihadiri peserta dari warga masyarakat umum dibeberapa desa di Kabupaten Bone.

Salah Satu peserta lomba firman 43 tahun Via WhatsApp pribadinya mengatakan kegiatan ini positif baik untuk menjaga imunitas tubuh ,Selain berolahraga juga bisa menjadi Ajang silaturahmi ke sesama komunitas Sepeda yang di desa,

Masalah Hadiah bukan persoalan karena kami memang hobby dan sering ikut lomba Mountain bike Yang jalurnya menyusuri Alam bebas ,hutan gunung, Rimba belantara Yang sangat menantang dan menguji adrenalin “pungkasnya”

Kepala Desa Tadang Palie, Andi Mappakaya Amier yang juga Ketua Apdesi Bone, dihubungi via WhatsApp pribadinya , Sabtu malam 15-01-2022 sangat mengapresiasi dan mensupport penuh kegiatan yang akan berlangsung Diwilayahnya ini.

“Saya berharap semoga dengan adanya kegiatan ini. Komunitas sepeda akan menjadi wadah untuk bersilaturahmi dengan masyarakat,”

Apalagi sekarang kita masih dalam suasana pandemi, tentunya kita harus memperbanyak olahraga. Serta meningkatkan imunitas dalam tubuh,” kata Andika begitu panggilan Akrabnya

kegiatan ini, Bisa menjadi harapan Pemerintah Kabupaten Bone, dengan Tagline Menuju “BONE SEHAT MABESSA “Tutup Salah Satu Mantan pembalap moto cross dan grass track Bone Ini

Sumber
Deskjabar
APDESI BONE

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE