UM-PTKIN MULAI DIBUKA HARI INI




Bone-Berandankrinews.com
Seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Bone melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dibuka mulai tanggal 25 April – 4 Juni 2022 mendatang. Pendaftaran dapat dilakukan mulai pukul 13.00 WIB melalui laman um-ptkin.ac.id.

Dilansir dari laman resmi um-ptkin.ac.id, UM-PTKIN atau jalur ujian mandiri merupakan proses seleksi masuk PTKIN di bawah koordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama (Kemenag).

Seleksi UM-PTKIN 2022 dilaksanakan melalui ujian tertulis dan dilaksanakan secara bersama berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

UMPTKIN ditujukan untuk calon mahasiswa baru yang berminat kuliah di Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Ujian dilaksanakan secara serentak dengan biaya pendaftaran Rp 200 ribu.

Adapun syarat dan  ketentuannya sbb :

Persyaratan Peserta UMPTKIN 2022

Melansir laman um-ptkin.ac.id, pendaftaran UMPTKIN diperuntukkan bagi siswa lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022. Berikut syarat selengkapnya:

Lulus dari Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara tahun 2020, 2021 dan 2022.

Lulusan tahun 2020 dan 2021 harus sudah memiliki ijazah atau yang sederajat. Sedangkan lulusan tahun 2022 harus memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Madrasah/ Sekolah/Pesantren Mu’adalah dan dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah.

Membayar biaya UMPTKIN melalui bank yang ditetapkan oleh Panitia Nasional.

Kelompok Ujian UMPTKIN 2022

Kelompok ujian UM-PTKIN terbagi menjadi tiga, yaitu:

Tes Kemampuan Dasar – TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman)

Tes Kemampuan Bidang IPA

Tes Kemampuan Bidang IPS

Tipe ujian adalah tipe Sistem Seleksi Elektronik (SSE), yaitu ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer. SSE tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban.

Jadwal UMPTKIN 2022

Pendaftaran/Pembayaran: 25 April-4 Juni 2022

Finalisasi Pendaftaran: 25 April-4 Juni 2022

Pelaksanaan Uji Coba SSE: 7-10 Juni 2022

Pelaksanaan Ujian: 14-17 Juni 2022

Pengumuman: 30 Juni 2022

Alur Pendaftaran UM-PTKIN 2022

Calon peserta mendaftar dan mengisi biodata secara online di www.um-ptkin.ac.id hingga mendapat nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran), PIN dan informasi nominal yang harus dibayarkan serta tatacara pembayaran.

Calon peserta melakukan pembayaran di Bank
Peserta mendapat bukti pembayaran. Biaya seleksi yang sudah dibayar tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

Peserta melanjutkan pendaftaran online di www.um-ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor SIP dan PIN untuk memilih kelompok ujian, program studi dan lokasi ujian hingga cetak kartu ujian.

Mengikuti ujian SSE di lokasi PTKIN yang telah dipilih.

Untuk informasi lebih lanjut dapat diakses dalam laman um-ptkin.ac.id.