Rektor IAIN Bone, Sejahtera sebelum Pensiun, Angkat tema dalam kuliah umum untuk Semester Genap tahun akademik 2022-2023,





Bone-Berandankrinews.com
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone menggelar Kuliah Umum untuk Semester Genap tahun akademik 2022-2023, di Aula Utama IAIN Bone, Rabu (5/10/2022).

Rektor IAIN Bone, Prof. Dr. H. Syahabuddin, M. Ag. sebagai pemateri pada kegiatan Ini mengangkat tema Sejahtera Sebelum Pensiun ( Telaah Fikih Kesejahteraan dan Kekrisisan Tasawwuf).

Menurutnya yang dikutip dari Ibnul Qayyim, bahwa perencanaan dalam keuangan adalah Maqashid Syari’ah
” Maqshid Syari’ah yang termasuk dalam kategori mendasar mempunyai lima Dimensi, yaitu pemeliharaan Agama (Hifdhun Din), Pemeliharaan Jiwa atau Kehidupan ( Hifdhun Hayah), Pemeliharaan intelek/Ilmu pengetahuan (Hifdhun Akl), pemeliharaan Keturunan ( Hifdhun Nasab) dan pemeliharaan harta ( Hifdhun Maal), jelasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh para pimpinan institusi mulai dari para Wakil Rektor, para Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wakil direktur Pascasarjana, para ketua Lembaga, Kepala Unit, para Ka Prodi, Dosen, Pegawai dan Mahasiswa.

Untuk diketahui Maqshid syariah merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh syariat agar kemashlahatan manusia bisa terwujud.