Realisasi Penyerapan DD Desa Binusan Mencapai 90 Persen Tahun 2018

Social share

Berandankrinews.com, Nunukan (Kaltara)-Serapan dana desa oleh masing-masing pemerintah desa di Kabupaten Nunukan, Kaltara cukup tinggi hampir mencapai 90 persen. Penggunan dana desa difokuskan untuk membangun jalan desa, saluran irigasi dan sebagainya yang sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Desa Nomor 19 Tahun 2017.

Kepala Desa Binusan , M Untung selaku Penanggungjawab Anggaran yang ada di desa Binusan tidak mau berpangku tangan, Ia ikut andil menyingsingkan lengan baju untuk berbaur dengan warganya guna ikut berpartisipasi mendorong semangat kerja di bidang pelaksanaan pembangunan desa.

Seperti di ketahui bahwa anggaran Dana Desa adalah anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara(APBN) yang mekanismen penyalurannya melalui rekening desa. Dana Desa Binusan tahun 2018 sendiri berjumlah Rp. 1.719.891.000, dengan tiga tahap penarikan.

Kepala Desa Binusan, M. Untung mengatakan penggunaan dana desa di wilayahnya telah diserap sebanyak 90 persen. “Desa Nunukan mendapatkan dana desa sebesar Rp. 1.719.891.000 yang digunakan untuk membangun jalan, pagar, lampu penerangan, dan membangun kandang Ayam Kelompok Bumdes,” katanya.

Selain itu M. Untung menambahkan beberap Bantuan stimulan 50 unit solar cell, 50 unit tangki air dan perbaikan rumah warga tidak layak huni berupa atap seng 500 lembar.

Tak hanya dibidang pembangunan desa, M. Untung mengatakan dibidang pembinaan masyarakat dan bidang pemberdayaan kemasyarakatan kita lakukan.

Dengan program desa yang telah berhasil dijalankan ia juga berharap dana desa bisa ditingkatkan lagi.

“Ya semoga dana desa bisa ditingkatkan lagi, program kita kan berjalan dengan baik,” kata M. Untung. (*/D66)