Polres Nunukan Launching Tim Padma dan Tim Cyber Troops

Social share

Berandankrinews.com, Nunukan (KALTARA)-Polres Nunukan Launching Tim Padma dan Cyber Troops, Kamis (20/12/18).

Kegiatan program polres yang dilaksanakan di Aula Sebatik Polres Nunukan, dipimpin langsung Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro, SIK, MH didampingi Wakapolres Nunukan Kompol Imam Muhadi S.Sos, SH, MH.

Pada kesempatan itu, Kapolres Nunukan menyampaikan dalam rangka Launching Program polres Nunukan khususnya persiapan operasional tim padma dibawah Sat Sabhara Nunukan dan cyber troops dibawah Humas Polres Nunukan.

Teguh mengatakan, dipenghujung tahun ini semenjak dipolres Nunukan, ia membawa sedikit visi misi kebijakan strategi bahkan untuk dokumentasi.

Berbicara tentang perkembangan tugas, Teguh menuturkan tentunya tuntutan dari masyarakat terkait dengan tugas polri dan tak lupa dengan ancaman yang trategis baik Regional, Global bahkan Internasional.

“Karena kita diperbatasan, perkembangan situasi ini ditandai dengan banyaknya perkembangan kejahatan, baik kejahatan konfesional, tradisional, kejahatan yang inflementasinya cukup banyak, baik itu contidensi maupun kejahatan non confensional, dalam hal ini informasi dan teknologi” kata Teguh, Kamis (20/12/18).

Lanjut Teguh, Ia membuat program dengan mengimplementasikan daripada Kapolri, termasuk Sweeping, salah satunya peningkatkan Sumber daya manusia yang berdasarkan IT dan peningkatan penguatan media.

“Di era kepemimpinan Kapolri ada 3 prioritas beliau terkait perbaikan kesejahteraan, peningkatan kinerja dan manajemen media, yang terbesar persentasenya adalah manajemen media,” Jelas Teguh.

Disampaikannya, manajemen media sangat berperan dalam perkembangan kepolisian. “Sekarang sudah bentuknya sudah bebas, terkait dengan IT sudah ada jaringan internet dan lain sebagainya,”kata Teguh.

Dengan adanya jaringan internet yang bebas diakses, Teguh menuturkan, tentunya kejahatan-kejahatan banyak ditimbulkan dari Malware cyber. Kejahatan ini sudah masuk ke jaringan-jaringan internet.

Perlunya penguatan media, harus mempunyai kontribusi kepada organisasi polri, termasuk hal negatifnya ada juga.

“Oleh itu saya bentuk cyber troop dan manajemen media bukan untuk mengekpos diri saya selaku kapolres, namun kita berbicara organisasi, oleh itu saya meminta cyber troops tanggung jawab untuk mengelola media dan melaksanakan viralisasi kegiatan baik pembinaan, operasional dan yang berkaitan dengan tugas pokok polri,” Terang Teguh.

Selain itu, Teguh menyampaikan beberapa kebijakan selain disiplin, humanis, sinergitas kepolisional namun ada lagi yang perlukan yaitu tentang penguasaan Informasi dan Teknologi.

“Karena kita sekarang generasi milenial, mau tidak mau kita jangan terpaku yang akhirnya kita Gaptek,” Ucap Teguh.

Ia mengatakan, meskipun kita jauh diperbatasan, kita ini adalah etalase NKRI yang ada. kalau saya penugasan lebih banyak di Jawa, mungkin yang positifnya kita bawa ke Polres Nunukan ini. Saya sudah konsepkan untuk Polres Nunukan ini yaitu Nunukan Online, bagaimana nanti data kerawanan, ekspos media, publikasi dan monitoring, Setidaknya nanti di polres Nunukan ini jadi file project.

“Salah satu yang telah berjalan yaitu Panel data, Insya Allah tanggal (25/12/18) sudah bisa, selain itu ada comment center nanti dan bersifat aplikasi,” Kata Teguh.

Teguh berharap tim cyber troop dapat merangkul masyarakat penguna media sosial menjadi netizen, karena itu juga memiliki kontribusi.

“Cyber troops juga melakukan patroli di dunia maya, membuat akun resmi termasuk akun anonim yang tanpa nama, sehingga bisa menetralisir berita-berita yang negatif yang menyudutkan pemerintah termasuk organisasi kita,” kata Teguh.

Sedangkan tim Patroli daerah malam Hari disingkat (PADMA), Teguh menuturkan Tim Padma berkonsep sebagai pembangun peradaban Pejuang kemanusiaan.

“Ketika masyarakat tidur nyenyak kita aktif berpatroli, dengan tim yang sudah ada dari tim Tameng, Puma ditambah Tim Padma,” ungkapnya.

Ia berpesan kepada tim Padma dan cyber troops diberikan Suspen Khusus sehingga lebih di ketahui lebih luas.

Teguh berharap tim padma bisa menjadi tim kebanggaan polres dan dapat merebut hati masyarakat, seperti Tim Puma dan Tim Tameng, satu hari saja tidak patroli masyarakat mencari.

“Saya harap dengan kita launching hari ini, tim Padma bisa menjadi tim yang tangguh, ulet, humanis namun tegas. Sehingga bisa menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial,” harapnya.

Usai memberikan sambutan, Kapolres melakukan pemotongan tumpeng dan pemberian velcro kepada Tim Cyber troops dan Tim Padma didampingi Waka polres. Kemudian Kapolres melanjutkan pengecekan kendaraan tim puma dan tim tameng yang digunakan untuk berpatroli. (**/OV)