Inilah Tugas Dan Fungsi Tim Cyber Troops dan Tim Padma

Social share

Berandankrinews.com, Nunukan (KALTARA)-Dua Tim yang baru saja Launching dan diresmikan Kapolres, Kamis (20/12/18) yaitu Tim Padma dan Tim Cyber Troops yang memiliki tugas dan fungsi yang sangat berperan penting untuk Masyarakat Nunukan.

Usai Launching, Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro, SIK, MH mengatakan dua tim yang telah launching yaitu Tim Padma dan Tim Cyber.

“Tim padma ini singkatan, Patroli daerah malam hari ini dilaksanakan oleh fungsi sat sabhara yang memiliki tugas melaksanakan patroli, namanya Padma, mengunakan kendaraan roda dua dan mengunakan senjata api organik,” kata Teguh, Kamis (20/12/18).

Tugas Tim Padma sendiri kata Teguh, menjaga keamanan kota diwilayah Nunukan dan mencegah kriminalitas jalanan. Mengantisipasi misalnya perkelahian antar warga.

“Intinya seluruh masyarakat Nunukan yang beraktivitas, karena polisi tugasnya penjaga kehidupan, disaat masyarakat tidur nyenyak, tim padma inilah yang bertugas menjaga masyarakat nyaman, aman dan tertib,” ujar Teguh.

Teguh mengatakan tim padma berpatroli mulai matahari terbenam hingga matahari terbit.

“Tim patroli ada pergantian, pagi hingga siang ada tim tameng, sore hingga malam tim Puma, dan dimalam hari gabungan tim puma dan padma, setiap malam dilakukan patroli, kita harap tim padma menjadi kebanggaan masyarakat juga.” kata Teguh.

Sedangkan Cyber Troops, kata Teguh kepada Berandankrinews.com, Tim Cyber Troops merupakan tim media yang merupakan salah satu manajemen media.

“Tugas mereka adalah melaksanakan patroli dunia maya, untuk mengantisipasi apabila ada kegiatan-kegiatan yang sifatnya saber crime, mencegah isu hoax,” Tutur Teguh.

Tim Cyber Troops selain mempublikasi juga memantau aktivitas media sosial.

“patroli cyber crime, namanya hoax, ujaran kebencian, yang sudah arahnya kejahatan itu akan kita tindak lanjuti laporan itu. Menjelang pemilu, pilpres jangan sampai infasi dari cyber itukan bahaya,” ungkapnya.

Lanjut Teguh, Tim cyber ini mempublikasi, memviralkan kegiatan-kegiatan operasional, termasuk pelayanan masyarakat untuk disampaikan.

“mereka mengelola website juga yang sudah ada,” tutur Teguh.(**)