Pemerintah Pusat Tetapkan Mateng Jadi Fokus Laboratorium Inovasi Daerah

Mateng , Sulbar – Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), telah ditetapkan sebagai fokus pelaksanaan laboratorium Inovasi daerah.

Penetapan ini diputuskan oleh pemerintah pusat lewat Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI).

Ada 4 daerah yang ditetapkan oleh pemerintah pusat selain Mateng, yakni Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Pandenglang, Banten, dan Kabupaten Saluma, Bengkulu.

Penetapan Mateng sebagai salah satu Fokus pelaksanaan laboratorium inovasi, melalui video conference diikuti kepala LAN RI, Dr. Andi Suryanto, Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi LAN RI, Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, Kepala Pusat Inovasi LAN RI, Dra. Isti Heriani, Sekkab Mateng, H. Askary Anwar, kepala Bappeda Mateng, Ishaq Yunus, serta kepala OPD lingkup Pemkab Mateng, Camat serta tamu Undangan Lain.

Dalam sambutannya, Wabup Mateng, H. Muh. Amin Jasa, berharap laboratorium Inovasi dapat mendorong daya cipta penerapan perluasan pembangunan.

”Semoga dengan kegiatan ini dapat mendorong dan dan membangkitkan semangat dan kreatifitas dalam pelaksanaan pembangunan di Mateng,” ucapnya saat memberikan sambutan dalam rangka Kegiatan Prioritas Nasional Laboratorium Inovasi Daerah dengan menggunakan Aplikasi Zoom Meeting, di Ruang Rapat Sekkab Mateng, Selasa, (19/5/20).
Amin Jasa mengatakan, pelaksanaan laboratorium inovasi daerah merupakan strategi dalam upaya memperbaiki pembangunan agar lebih efektif, efesien dan berdayaguna.

Untuk itu ia mengungkapkan, pembangunan dan pendayagunaan inovasi harus dilakukan dengan bersungguh-sungguh dimulai tingkat individu kepada kelompok, dan kemudian menuju pada inovasi organisasi.

Tiap daerah kata dia, khususnya Mateng, mempunyai potensi masing-masing yang tidak bisa disamaratakan dengan daerah lainnya, potensi ekonomi dan inovasi di daerah merupakan hal penting untuk dikembangkan.

“Apabila semua perangkat daerah di Mateng mampu menyelenggarakan programnya dengan inovasi saya berkeyakinan proses percepatan pembangunan akan dapat kita raih. Untuk itu, diperlukan komitmen bersama untuk mewujudkannya, tidak cukup hanya sekedar keinginan tanpa tindakan,” jelasnya.

“Kepada segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah, mari kita optimalkan seluruh potensi dan sumber daya yang kita miliki untuk mewujudkan perubahan ke arah yang lebih baik untuk membawa Kabupaten ini mewujudkan cita-citanya sesuai dengan yang tertuang dalam visi misi pembangunan daerah,” kuncinya.
Sumber : sulbaronline.com(red/adriansyah)/ sal