Patroli Forkopimda Babel Jelang Pergantian Tahun, Hasilnya Relatif Aman

PANGKALPINANG, BerandaNKRInews.com–Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus melaksanakan patroli hingga menjelang malam pergantian tahun, Jumat (31/12/2021). Patroli ini merupakan rangkaian Operasi Lilin Menumbing dalam rangka memantau Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Sitkamtibmas) pada Perayaan Malam Tahun Baru 2022 di wilayah Babel.

Dalam pelaksanaan operasi kali ini, selain Gubernur, nampak hadir Ketua DPRD Babel, Kapolda Babel, Danrem 045/Garuda Jaya (Gaya), Danlanal Babel, Kajati Babel, serta pejabat di lingkungan Pemprov Babel, seperti Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Pelaksana BPBD dan Kasat Pol PP Babel.

Titik kumpul diawali dari Mapolda Babel, rute patroli pertama adalah Pantai Pasir Padi. Pantai yang biasa dipenuhi warga untuk menyambut tahun baru, namun pemerintah mengeluarkan aturan berbeda untuk tahun ini. Dalam kunjungan ke lokasi ini, Forkopimda Babel memastikan aturan-aturan diterapkan sebagaimana mestinya.

“Kami ke lokasi ini (pantai pasir padi), untuk memastikan bahwa akses keluar masuk memang benar di tutup sesuai arahan, agar tidak terjadi banyak kerumunan disatu titik,” ungkap Gubernur Erzaldi.

Patroli dilanjutkan menyisir Jalan Ketapang hingga Pelabuhan Pangkalbalam menuju ke pusat kota dan berhenti di Gereja HKBP Pangkalpinang Resort Bangka.

“Kami bersama-sama sejak tanggal 24 Desember 2021 lalu berkeliling hingga hari ini, ingin memberikan rasa aman, nyaman dan bahagia khususnya bagi bapak/ibu yang merayakan natal dan tahun baru,” ungkap Gubernur Erzaldi menyapa jemaat.

Ucapan selamat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 disampaikan Gubernur Erzaldi, beserta harapan semoga damai natal ini menyertai semua umat di Babel.

“Kami bahagia melihat pelaksanaan ibadah di gereja ini yang menjalankan protokol kesehatna. Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dalam menjaga protokol kesehatan,” ungkapnya sembari mengajak bersama untuk berdoa agar pandemi Covid-19 segera berlalu.

Sementara perwakilan pihak Gereja HKBP usai sambutan Gubernur Erzaldi, mengatakan sangat berterima kasih atas perhatian pihak pemerintah hingga menyempatkan berkunjung ke tempat ibadah mereka.

“Kami atas nama HKBP mengucapkan terima kasih, semoga damai ditahun 2022 karena doa dari seluruh pihak termasuk pemerintah,” ungkapnya.

Setelah berkeliling Kota Pangkalpinang, patroli berakhir di Polresta Pangkalpinang. Bersama seluruh Jajaran Forkopimda Babel, Gubernur Erzaldi menyampaikan kepada awak media bahwa patroli dilakukan untuk melihat suasana pergantian tahun baru di Kota Pangkalpinang.

“Kami katakan relatif aman, masih ada yang melaksanakan ibadah di tempat ibadah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, beberapa tempat-tempat hiburan tutup, sedangkan restoran hanya bisa beroperasi hingga pukul 22.00,” jelas Gubernur Erzaldi.

Disampaikan juga, bahwa pemerintah dalam hal ini Forkopimda meminta masyarakat mematuhi apa yang telah dianjurkan pemerintah. Pembatasan yang telah disampaikan diharapkan dapat dipatuhi masyarakat.

“Kami unsur Forkopimda ingin masyarakat sehat dan terlepas dari ancaman pandemi ini. Sehingga masyarakat diminta aktif menjalankan anjuran atau aturan yang disampaikan pemerintah,” tegasnya.

Dilaporkan juga pada kesempatan ini, bahwa angka terakhir capaian pelaksanaan vaksinasi di Babel hingga hari ini sebanyak 78,62 % dan seluruh kabupaten/kota di Babel sudah diatas 70% pencapaiannya.

Sumber: Diskominfo Babel