Menteri Pertanian Tegaskan Bahwa Persediaan Beras Di Indonesia Dalam Level Aman

Keterangan foto: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bersama Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid saat memulai tanam raya di Sebatik, Nunukan beberapa waktu lalu (eddy santry)

 

Bogor – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengungkapkan bahwa persediaan beras di Indonesia saat ini sangat cukup atau dalam level aman. Gudang Bulog di sejumlah wilayahpun, menurut Amran masih memiliki persediaan.

“Bahkan, stok beras di sejumlah provinsi melebihi kapasitas yang dimiliki oleh gudang mereka. Adapun, provisi tersebut yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur dan Lampung,” tandasnya dalam Kongres VIII Perhimpunan Meteorologi Pertanian Indonesia (PERHIPMI) di IPB International Convention Center (IICC) Kota Bogor, Kamis (3/10/2019).

Bahkan menurutnya, kendati Indonesia sedang mengalami kemarau panjang pun, stok beras di Indonesia terus mengalamai peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat bahwa saat ini stok beras di gudang Bulog berada di angka 2,5 ton.

“Padahal stok beras pada bulan Januari hanya berada di angka 2 juta ton. Artinya, lanjut Amran, dalam sembilan bulan, stok beras mengalami peningkatan hingga 500 ribu ton,” paparnya.

Mentan mengungkapkan, persediaan akan semakin melimpah dalam waktu dua sampai tiga bulan kedepan. Itu dikarenakan disejumlah wilayah akan masuk musim panen.

“Artinnya, kita tak perlu khawatir akan kelurangan pangan,” pungkasnya. (eddyS).