KAPOLSEK KP3 MENJAMIN KEAMANAN SELAMA NATARU

NUNUKAN – IPTU Alimin  Polsek kp3 Cobaselaku penanggung jawab keamanan di dalam pelabuhan Tunon Taka Nunukan selaku pihak yang bertanggung jawab soal keamanan dalam kawasan pelabuhan.

menghadapi nataru kita berusaha maksimalkan personil dan tentunya semua instansi yang terkait  bersinergi dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas di wilayah pelabuhan.

baik yang berangkat maupun yang datang yang jelas segala sesuatunya apa yang terjadi dikawasan Pelabuhan merupakan tanggungjawab kami dan kami berusaha bagaimana menciptakan Rasa  Aman kerjasama dengan intansi lain agar tetap kondusif.

terkait masalah TKI  saya selaku Komandan KP3 sangat mendukung langka BP2MI dalam memberantas rantas TKI illegal  termasuk kesehatan pelabuhan karena semuanya itu sudah  menjadi ketentuan dalam pelayanan masyarakat.

Polsek kp3 karena kebetulan kita ini maksimalkan personil ada 34 personil dengan 3 pos yang ada kami sebagai tanggung jawab dari Tunon Taka maupun istilahnya bel bel yang lokal termasuk pos sungai bolong itu jumlah personil kita maksimalkan itu 34 orang termasuk saya selaku Kapolsek turun kakak kapan yang biasa 

untuk transportasi istilahnya kapal penumpang umum yang ada di Nunukan tujuan bay Balikpapan maupun lokal yang tujuan langsung ke pare-pare itu kan untuk kapal swasta kan ada dua itu itu sudah rutin itu tiap ketiban itu Jumat dengan hari Senin kemudian untuk pemberangkatan itu itu harinya sudah ditetapkan juga Rabu dengan Sabtu untuk kegiatan penumpang kapal swasta kalau untuk kapal Pelni itu tidak menetap harinya jadi tergantung dari jadwal yang jelas dalam seminggu itu minimal itu kapal Pelni itu bisa 2 sampai 3 itu jadwal kapal Pelni segala sesuatunya yang tetap selalu kita istilahnya itu mencegah yang kemungkinan-kemungkinan kejahatan yang terutama masalah narkoba yang menjadi perhatian semua mulai dari pemerintah pusat sampai daerah itu yang paling istilahnya yang tidak prioritaskan sebelum istilahnya dan pemberangkatan itu kita masih melakukan pemeriksaan ..

selama ini yang ada di wilayah perbatasan ya ya pasti yang nomor satu itu pasti kasus narkoba itu yang sering muncul karena luasnya wilayah kita ini kemudian di perbatasan ini kan bukan berbatasan langsung dengan daratan ini darat dan laut.

Masalah TKI  karena selama ini ini kan terbengkala warga kita yang ada di Malaysia yaitu ingin kembali ke negaranya tapi karena jalur  Resmi tutup maka mereka  melalui jalur illegal hampir 2 tahun lebih ini kan sudah dibuka mau tak mau itu sekarang kanan warga negara kita itu yang sudah habis masanya di sana 

jadi kami dari KP3 kepolisian  bersama aparat yang terkait selalu menghimbau kepada masyarakat terutama untuk kasus-kasus narkoba, jangan ikut bermain dengan barang haram tersebut.

Yang kedua warga kita yang selalu ingin berangkat ke Malaysia untuk mencari kerja, Kami dari KP3 selalu   himbau memiliki dokumen yang sah  baik itu dokumen perjanjian  kerja maupun dokumen paspor  kunjungan  agar bapak ibu dumalaysia tidak berurusan dengan petugas keamanan Malaysia.

Sebab kasian juga kalau kalian bapak ibu berangkat tampah Prosedural sampai disana ditangkap lagi oleh aparat keamanan Malaysia maupun pihak imigrasi  dipenjara lagi bertahun tahun baru dipulangkan ke Indonesia melalui Pelabuhan Nunukan ujarAlimin.

saya melihat permasalahan Tenaga Kerja khususnya diwilayah Kalimantan Utara dengan Sabah Malaysia bagaikan Gayung bersambut.

Sebab sejumlah TKI yang dipulangkan oleh pihak malaysia diwawancarai kepolisian bahwa Majikan Malaysia itu lebih Cenderung pekerjakan TKI Tampa Dokumen dari pada TKI memiliki prosedural kerja ini merupakan ponemena,jadi persoalan TKI Illegal di Saba ini tidak ada Habisnya Bagaikan Gunung ES.

Jadi Persoalan  TKI Disabah dan Serawak Bagaikan Gayung Bersambut tidak akan berakhir  disisi lain Majikan Malaysia lebih suka pekerjaan TKI tampa Dokumen atau tampa paspor dan perjanjian kerja.

Begitu juga dengan TKI kita lebih merasa nyaman Aman dan nyaman menurut mereka kalau ditangkap oleh petugas Malaysia itu merupakan Resiko dan Tanggungjawab.

ujar Alimin meniruhkan  salah seorang TKI yg di minta Keterangan saat tiba dipelabuhan Tunontaka Nunukan Kalimantan Utara.

Terkait masalah pengaman khususnya diwilayah Polsek Kawasan sektor Pelabuhan itu kami bersama Intansi terkait berusaha menciptakan Rasa Aman apalagi menjelang Haru H Hari Raya Natal 25  Desember 2021 dan Tahun baru 2022 kawasan sektor pelabuhan Aman.

IPTU Alimin Selaku Komandan KP3 Nunukan siap menjamin keamanan ketertiban baik pada saat kapal datang maupun pada saat Kapal berangkat  pengawasan kita dipelabuhan diperketat dan penumpang yang datang dan berangkat harus mengedepankan protokol kesehatan mengunakan Masker Jaga jarak  dan tidak berkerumun.

Komandan KP3 Nunukan tak Henti- hentinya menghimbau kepada penumpang kapal yang datang maupun berangkat  agar Bapak Ibu Selalu Waspada lebih  baik kita mencegah dari memberantas ujar Alimin kepada Wartawan saat diwawancarai terkait masalah keamanan khususnya dikawasan sektor pelabuhan atau Kp3 Nunukan.

KP3 Nunukan perketat pengawasan dan 24 jam selalu melakukan Patroli secara bergantian  semata mata untuk memberikan Rasa aman.

Selain itu Komandan KP3  mengingatkan kepada penumpang agar naik kapal harus memiliki Tiket melengkapi Rapid Tes Antigen dan mengunakan Masker.

(Yuspal)