Bersama Umat Muslim Krayan, Babinsa 0911/Krayan Rayakan Idul Fitri Dengan Kesederhanaan

NUNUKAN – Krayan. Long Bawan, Allahuakbar.. Allahuakbar.. Allahuakbar..!!! Sayup-sayup terdengar suara takbir, tasbih dan tahmid dari Mesjid Al-Istiqomah Desa Liang Butan Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Minggu (24/05/2020)

Mesjid yang ada di dataran tinggi Krayan itu menjadi penanda bagi umat muslim yang ada di Krayan bahwasanya hari ini, Minggu tanggal 24 Mei 2020 adalah juga bertepatan dengan tanggal 1 Syawal kalender bulan Hijriyah yaitu hari besarnya umat muslim di seluruh dunia hari raya Idul Fitri 1441 H.

Setelah berpuasa selama satu bulan, sudah menjadi kebiasaan seluruh umat muslim di Indonesia setiap tahunnya diselenggarakan acara untuk meramaikan Idul Fitri seperti takbir keliling dan halal bihalal dari rumah ke rumah, tak terkecuali juga untuk umat muslim yang ada di Krayan.

Serka Mindarso Babinsa Liang Butan menuturkan tahun ini memang agak sedikit berbeda, lebaran di tahun 2020 ini bersama umat muslim Krayan, Babinsa 0911/Krayan Rayakan Idul Fitri dengan kesederhanaan,”ungkapnya.

Sudah kita sosialisasikan kepada seluruh warga yang beragama Islam di desa binaan, bahwasanya lebaran tahun ini untuk penyelenggaraan Sholat Id cukup dirumah masing-masing bersama keluarga, halal bihalal cukup via telepon atau video call saja dan tidak perlu mengadakan takbir keliling,”ujar Mindarso.

Senada dengan penyampaian salah satu pengurus dan imam mesjid Al-Istiqomah ustadz Muzaki, ya hal ini bukan tidak mendasar, kita sudah mendengar “Seruan bersama” dari unsur Muspida Kabupaten Nunukan tentang Pedoman pelaksanaan perayaan Idul Fitri 1441 H/2020 M dalam kondisi pandemi Covid-19 di Kabupaten Nunukan,”tegas Muzaki.

Sami’na Wa Atho’na (Kami Mendengar dan Kami Taat). Bagi orang-orang Islam sudah sepantasnya mengetahui apa makna dari kalimat “Sami’na Wa Atho’na” ini sebagaimana yang tercantum dalam QS. Al-Baqarah [2]:285, dalam ayat tersebut menggambarkan orang-orang beriman yang bersama Rasulullah, dimana mereka telah beriman kepada Allah, Para Malaikat, Kitab-kitab-Nya dan kepada Para Rasul-Nya. Kalimat Sami’na Wa Atho’na ini juga dikorelasikan tentang taat kepada pemimpin juga sebagaimana yang tercantum dalam QS. An-Nisa’: 59 “Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan para Rasul (Nya) dan Ulil Amri di antara kamu.”tambah Muzaki.

Untuk kegiatan para Babinsa Koramil 0911-06/Kry kemudian di fokuskan memantau kegiatan ibadah umat muslim Krayan di rumah masing-masing.

Sumber : Penramil 06/Kry
Editor : Pendim 0911/Nnk

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE