Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat 2019 Dipimpin Langsung Oleh Kapolres Sinjai

Social share

Berandankrinews.com – Sinjai – Bertempat di lapangan apel halaman Mapolres Sinjai, Polres Sinjai melaksanakan kegiatan Gelar Pasukan dalam rangka pelaksanaan Ops Ketupat 2019, dengan tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2019 Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1440 H”, Selasa (28/5/19).

Bertindak selaku pemimpin apel Gelar Pasukan Ops Ketupat 2019 ini, Kapolres Sinjai, Ajun Komisaris Besar Polisi (Akbp) Sebpril Sesa, S.Ik sekaligus membacakan amanat seragam Kapolri, dan selaku perwira upacara Kasat Sabhara Polres Sinjai Akp La Ode Rahmad, SE Komandan Apel Kanit Regident Sat lantas Polres Sinjai Ipda Agusnawan, S.H.

Kegiatan ini dihadiri oleh Agung Nugroho, SH., MH, mewakili Ketua Pengadilan Negeri Sinjai Ketua Pengadilan Agama Sinjai Sitti Rusia, SH.MH mewakili Dandim 1424 Sinjai pasi intel Letda Inf. Sahabuddin, mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Sinjai, Kadis Perhubungan Sinjai, Kasat Pol PP Sinjai Pejabat Utama Polres Sinjai, Para Kasat, Kapolsek Jajaran, dan Perwira Staf Polres Sinjai.

Apel gelar pasukan diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh pemimpin apel, dilanjutkan dengan penyematan pita kepada masing-masing perwakilan dari Polri, TNI AD Kodim 1424 Sinjai, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Sinjai tanda dimulainya operasi.

Amanat Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D yang dibacakan oleh Kapolres Sinjai yang intinya menyampaikan bahwa Operasi Ketupat 2019 yang akan digelar selama 13 hari, mulai rabu tanggal 29 Mei s/d 10 Juni 2019.

Ada dua tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan apel gelar pasukan ini yakni pertama, apel gelar pasukan diselenggarakan untuk mengecek kesiapan personel, peralatan dan seluruh aspek operasi termasuk sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara. Dan Kedua, pel gelar pasukan diselenggarakan dengan maksud untuk menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik, sehingga akan menumbuhkan ketenangan, rasa aman, dan nyaman bagi masyarakat.

Kapolres Sinjai menjelaskan, pada pelaksanaan operasi ketupat tahun ini, ada empat poin penekanan Kapolri ke seluruh jajaran, yang pertama yakni persiapkan secara optimal seluruh aspek penyelenggaraan operasi. Kedua, terus pertahankan kesiapsiagaan dan kewaspadaan seluruh personel dalam menghadapi setiap potensi gangguan sepanjang penyelenggaraan operasi. Ketiga, terus jaga dan pelihara soliditas dan sinergitas seluruh komponen penyelenggara operasi, hindari pelanggaran dan perilaku yang dapat mencederai keberhasilan pelaksanaan tugas. Serta keempat, laksanakan setiap penugasan dengan penuh semangat, kebanggaan dan tanggung jawab, demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Peserta upacara Apel gelar pasukan gabungan instansi yang terdiri dari 1 (satu) peleton Personil Staf gabungan Polres Sinjai, 1 (satu) peleton Personil Sat Lantas Polres Sinjai, 1 (satu) peleton gabungan Reskrim , Intelkam, Res Narkoba, 1 (satu) peleton Personil Sat Sabhara Polres Sinjai, 1 (satu) peleton TNI-AD Kodim 1424 Sinjai, 1 (satu) peleton Dinas Perhubungan Sinjai, 1 (satu) peleton Satpol PP gabungan Damkar Sinjai, dan 1 (satu) regu dari Dinas Kesehatan.

Setelah pelaksanaan Apel gelar pasukan dilaksanakan, dilanjutkan dengan pemeriksaan kendaraan dinas roda empat maupun roda dua sebagai alat sarana prasarana pendukung dalam pelaksanaan operasi. (Irwan N Raju)