Warga Lancang Bersatu Kerja Bakti Bersihkan Sungai

Social share

Nunukan, Berandankrinews.com–Puluhan warga RT. 05 Melaksanakan kerja bakti pembersihan sungai pangkalan di wilayah RT. 05 kelurahan Tanjung T
Harapan Kecamatan Nunukan, Jumat (1/2/19) Kemarin.

Kegiatan tersebut dibantu langsung Babinsa Sertu Rudianto dan Babinkamtibmas Brigpol Riswan, dan warga RT 08.

Salah satunya kegiatan tersebut menebang pohon serta mengali pinggiran sungai dengan alat seadanya dilakukan bersama-masyarakat Lancang, guna untuk keamanan bersama karena masyarakat setempat selalu melihat buaya berkeliaran disungai tersebut.

Selain itu sudah ada yang memakan korban disungai itu pada tahun 2018 lalu.

Ketua RT. 05 Ahmad Kahirul mengatakan, ini merupakan kerja bakti perdana yang saya lakukan bersama warga karena baru terpilih seminggu lalu.

Menurutnya, kegiatan tersebut dilakukan karena sungai tersebut merupakan jalur para petani rumput laut yang berada diwilayahnya untuk menuju laut.

“Ini kan jalur para petani rumput laut untuk melintas, kita bersihkan seperti pohon yang menutup jalur dan pandangan, biar lebih aman kita tebang semua pohon yang menutup pandangan tersebut,” Kata Ahmad.

Tambahnya, kita juga lakukan normalisasi sungai karena disitu ada buaya yang bersarang, jadi kita gali lubangnya biar buaya tersebut pindah, karena kita tidak ingin ada kejadian seperti tahun lalu, warga kita diseret buaya hingga meninggal.

Katanya, kita lakukan ini sebagai bentuk kecintaan kita terhadap alam dan juga ke masyarakat biar lebih nyaman bekerja.