Tim Supervisi Korps Brimob Polri Lakukan Kuker Ke Batalyon C Pelopor Bone

Social share

Bone, Berandankrinews.com–Tim Supervisi Korps Brimob Polri melakukan kunjungan kerja ke Mako Batalyon C Pelopor di Jalan MH. Thamrjn Kelurahan Ta Kecamatan Tanete Riattang Bone, Sulsel, Rabu (20/3/19) pukul 14.10 Wita.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh, Tim Supervisi, AKBP Ramses SIK, MH beserta Kompol Cristian Kadang SE, SIK, Danyon C Pelopor, Kompol Nur Ichsan, S.Sos, Wadanyon C Pelopor, AKP Andi Muh. Syafei S.Sos, MH, Para Kasi Jajaran Yon C Pelopor, Para Danki dan Wadanki Jajaran Yon C Pelopor, Para Danton Jajaran Yon C Pelopor dab Para Anggota Jajaran Yon C Pelopor.

Sambutan Danyon C Pelopor Kompol Nur Ichsan, S.Sos mengatakan, Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat kesehatan dan kesempatan untuk berkumpul di tempat ini dalam rangka Supervisi Ops Mantap Brata 2019. Kami laporkan jumlah personil Batalyon C Pelopor sebanyak 305 orang yang terdiri dari 4 kompi dan semua kompi menyatu di Mako ini.

Adapun jumlah personil kompi berkisar sekitar 60 orang yang jauh dari standar, Mako Batalyon C Pelopor murni untuk fasilitas kantor saja dan tidak memiliki asrama sehingga apabila ada remaja maka kami jadikan sebagian ruangan kantor menjadi barak remaja, Kata Kompol Nur Ichsan.

“Jumlah kendaraan masih sangat kurang dengan rincian yaitu jumlah bis 1 unit, truk 4 unit sehingga apabila ada pergeseran maka kami meminjam truk dari polres maupun kami memakai kendaraan sewaan,”ujarnya

Dia menambahkan, Rencana tahun ini akan di bangunkan kompi yang tanahnya di sediakan oleh pemprov sulsel yang rencananya kompi 4 berada di kabupaten Bulukumba. Adapun di Kabupaten Wajo masih dalam proses pembebasan lahan, sedangkan Pemda Bone akan memberikan lahan untuk pembangunan Flet dan Rumah Jabatan.

Pada kesempatan itu, Tim Supervisi, AKBP Ramses, SIK, MH mengatakan, Kami datang ke mako Batalyon C Pelopor membawa nama Dankorps Brimob karena atas perintah Beliau kami melaksanakan tugas ini. Terimah Kasih kepada Danyon C Pelopor beserta Jajaranya yang telah menyambut kami dengan baik di Mako Yon C Pelopor.

Dikatakan AKBP Ramses, Tujuan dari supervisi ini yaitu bukan untuk mencari kesalahan namun untuk mengetahui sejauh mana dalam melaksanakan tugas selama ini serta untuk mengetahui kesiapan Batalyon C Pelopor dalam melaksanakan tugas Ops Mantap Brata 2019.

“Tugas kita saat ini masih bersifat Stand Bay (On Call) sehingga di sela-sela waktu On Call tersebut di manfaatkan untuk melaksanakan latihan-latihan,”Kata AKBP Ramses.

Dikatakan, Dalam supervisi ini kita akan mengetahui kondisi operasionalnya, kondisi anggaran, penyerapan anggaran, serta kondisi kendaraan operasional yang akan di gunakan dalam melaksanakan tugas yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tugas kita kedepannya yaitu tidak hanya fokus pada PHH namun kita tetap melakukan persiapan dalam rangka mengantisipasi Bencana Alam seperti banjir dan tanah longsor, mengantisipasi Konflik Sosial seperti perkelahian antar kelompok serta penanggulangan Terorisme.

Dia juga mengingatkan Dalam melaksanakan tugas, tidak ada permasalahan yang timbul

“kita di harapkan menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah yang baru lagi,”jelasnya

AKBP Ramses mengatakan, Danyon dan Pasi Ops agar membuat pemetaan tingkat kerawanan daerah sebelum melakukan, membuat laporan Rencana Operasi. Setiap anggota dalam melaksanakan tugas harus tetap solid dan kompak, jangan sampai terpecah belah.

“Kepada seluruh anggota jangan sampai terlibat politik praktis seperti memberikan fasilitas kendaraan untuk opersional calon legislatif ataupun memberikan fasilitas rumah sebagai tempat pemenangan salah satu paslon.

  • Penekanan kepada anggota agar jangan sampai memihak atau memberikan dukungan kepada salah satu paslon,” Katanya.
  • Tetap melaksanakan latihan dalam rangka meningkatkan kemampuan personil baik latihan tingkat Kompi maupun tingkat Batalyon.

Tambahnya, agar para perwira melakukan pengawasan dan pengendalian (waskat) kepada setiap anggotanya, seluruh anggota melakukan sinergitas dengan anggota TNI dengan memperbanyak teman serta senantiasa menjaga kekompakan dengan anggota TNI.

Kegiatan arahan tim supervisi berakhir sekitar pukul 15.10 wita dilanjutkan pengecekan alsus dan kendaraan dinas yon c pelopor. (Irwan N Raju)