Surat terbuka presiden Gumregah Nusantara, Percepatan Realisasi & Relaksasi pinjaman Rakyat terdampak Covid-19

Social share

Jakarta, 3 April 2020



Surat Terbuka dari :
Presiden GUMREGAH NUSANTARA
dr. Ali Mahsun Atmo, M.Biomed.

Perihal :
Penyegeraan Realisasi Restrukturisasi dan Relaksasi Pinjaman Rakyat Terdampak Wabah Virus Corona (Covid-19) Di Bank dan Di Perusahaan Pembiayaan (Leasing) Kendaraan Bermotor Roda Dua (2) / Roda Empat (4) Perkecil Resiko Persoalan Sosial Karena Rakyat Makin Menderita dan Sulit Isi Perut Keluarga Mereka.

Kepada Yth.
1.Direksi Bank Umum Milik Pemerintah RI.
2.Direksi Bank Umum Milik Swasta Domestik dan Swasta Asing.
3.Direksi Bank Umum Syariah Milik Pemerintah RI.
4.Direksi Bank Umum Syariah Milik Swasta Domestik dan Swasta Asing.
5. Direksi BPD Milik Pemerintah Propinsi / Pemerintah Kabupaten / Pemerintah Kota.
6.Direksi BPR Milik Pemerintah Propinsi / Pemerintah Kabupaten / Pemerintah Kota.
7.Direksi BPR Milik Swasta Domestik dan Swasta Asing.
8.Direksi BPR Syariah Milik Pemerintah Propinsi Pemerintah Kabupaten / Pemerintah Kota.
9.Direksi BPR Syariah Milik Swasta Domestik dan Swasta Asing.
10.Direksi Perusahaan Pembiayaan Umum Milik Pemerintah RI.
11.Direksi Perusahaan Pembiayaan Umum Milik Swasta Domesti dan Swasta Asing.
12.Direksi Perusahaan Pembiayaan Syariah Milik Pemerintah RI.
13.Direksi Perusahaan Pembiayaan Syariah Milik Swasta Domesti dan Swasta Asing.
Di Tempat,-

Dengan hormat,-

Teriring do’a semoga Tuhan YME. senantiasa melimpahkan rahmat, karunia, dan anugerah-Nya kepada kita semua dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab keseharian untuk pengabdian kepada rakyat, nusa, bangsa, dan segenap mahluk yang ada diseluruh tanah air, serta lekas usai wabah virus corona (Covid-19), amin.

Sehubungan dengan telah dikeluarkannya kebijakan Pemerintah RI bahwa Wabah Virus Corona (Covid-19) ditetapkan sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat berdasarkan UU No. 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan, telah diterbitkannya PP RI No. 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Kepres RI No. 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat, dan PERPU RI No. 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)

Dalam Menghadapi Ancaman Yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan / atau Stabilitras Sistem Keuangan dengan anggran sebesar Rp. 405,1 Trilyun yang disampaikan oleh Presiden RI, Bapak Ir. H. Joko Widodo pada hari Selasa tanggal 31 Maret 2020, serta adanya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019 atau dikenal sebagai POJK Stimulus Dampak Covid-19 juncto Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor S-9/D.05/2020 Tentang kebijakan countercyclical dampak penyebaran Covid-19 bagi perusahaan pembiayaan, serta kondisi usaha, ekonomi, pekerjaan dan daya beli rakyat yang semakin berat bahkan saat ini rakyat semakin menderita dan semakin sulit isi perut keluarga sehari-hari, maka, dengan ini,

kami selaku Presiden ORMAS GUMREGAH NUSANTARA bermaksud menyampaikan SURAT TERBUKA Kepada Direksi Bank Umum / Syariah Milik Pemeritah RI dan Milik Swasta Domestik / Asing, Direksi BPD Milik Pemerintah Propinsi / Kabupaten / Kota, Direksi BPR Umum / Syariah Milik Pemerintah RI dan Swasta Domestik / Asing, dan Direksi Perusahaan Pembiayaan Umum / Syariah Milik Pemerintah RI dan Swasta Domestik / Asing Perihal :

PENYEGERAAN REALISASI RESTRUKTURISASI DAN RELAKSASI PINJAMAN RAKYAT TERDAMPAK WABAH VIRUS CORONA (COVID-19) DI BANK DAN DI PERUSAHAAN PEMBIAYAAN (LEASING) KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA (2) / RODA EMPAT (4) PERKECIL RESIKO PERSOALAN SOSIAL KARENA RAKYAT SEMAKIN MENDERITA DAN SULIT ISI PERUT KELUARGA MEREKA”

Untuk maksud tersebut, mohon kiranya berkenan selekas-lekasnya merealisasikan Kebijakan Pemerintah RI sebagaimana yang dimaksud di atas kepada rakyat terdampak wabah virus corona (Covid-19), yaitu Restrukturisasi Dan Relaksasi Pinjaman Rakyat Terdampak Wabah Virus Corona (COVID-19) Di Bank (Kredit Komersial, Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Ultra Mikro Indonesia (UMI), Dan Kredit Lainnya)

Maupun Di Perusahaan Pembiayaan Berupa Kredit Pembiayaan (Leasing) Kendaraan Bermotor Roda Dua (2) Dan Roda Empat (4), Dimana Sebagian Besar Rakyat Tredampak Virus Corona (COVID-19) Adalah PEKERJA INFORMAL (Pedagang, Petani, Nelayan, Ojek, Sopir, Becak, TKI, Industri Rumahan, Pengrajin, Pemulung, dan Pelaku Ekonomi Rakyat Lainnya) Dengan Syarat, Cara Dan Mekanisme Yang Lebih Mudah, Cepat Dan Efektif Sehingga Beban Ekonomi Dan Daya Beli Rakyat Menjadi Lebih Ringan, Usaha Dan Pekerjaan Rakyat Mampu Bangkit Kembali Dengan Tata Protokoler Kedaruratan Kesehatan Masyarakat.

Dengan penuh rasa hormat dan rendah hati, Kami Juga Berharap Perkenannya Untuk Tidak Menunda-Nunda, Juga Tidak Mempersulit Hal Tersebut Karena Rakyat Saat Ini Sudah Semakin Menderita, Sudah Semakin Sulit Isi Perut Keluarga Mereka, Serta Untuk Mencegah Terjadinya Persoalan Sosial Yang Pada Ujungnya Bisa Sulit Dikendalikan Akibat Adanya Kelaparan Yang Massif Dan Meluas.

Bersama ini pula kami menjelaskan bahwa SURAT TERBUKA ini merupakan tindak lanjut dari SURAT TERBUKA dr. Ali Mahsun Atmo, M. Biomed. selaku Presiden Gumregah Nusantara kepada Presiden RI, Bapak Ir. H. Joko Widodo Perihal: “Hanya Ada Satu (1) Komando, Sembilan (9) Harapan Rakyat Hadapi Wabah Virus Corona (Covid-19) Kepada Presiden RI” (terlampir) yang telah disampaikan pada hari Selasa Tanggal 24 Maret 2020 ke segenap lapisan masyarakat dan kekuatan elemen bangsa, dan para pemangku kepentingan diseluruh tanah air baik secara langsung maupun melalui berbagai media. Baik melalui media sosial, media online, media cetak, Live RRI PRO I FM Jakarta pada hari Selasa, 24 Maret 2020, Live Indonesia TownHall MetroTV Bersatu Melawan Corona

pada hari Rabu, 25 Maret 2020, Live Radio Dakta 701 FM pada hari Kamis, 26 Maret 2020, Live OPSI MetroTV With Aviani Malik pada hari Senin 30 Maret 2020, dan Live MNC Trijaya FM pada hari Selasa Pagi 31 Maret 2020, dimana sebelumnya secara substansi diberitakan di Harian Terbit Headline Hal 1 tanggal 19 Maret 2020 bertajuk “Corona Bikin Daya Beli Menurun, Harga-harga Naik, PEMERINTAH HARUS BERI RAKYAT SEMBAKO GRATIS SELAMA TIGA BULAN” (terlampir).

Oleh karena itu, Surat Terbuka ini juga kami tembuskan kepada Presiden dan Wakil Presiden RI beserta Kementrian Perekonomian RI, Kementrian Keuangan RI, Kementrian BUMN RI, Kementrian Koperasi dan UKM RI, Kementrian Sosial RI, Gubernur Bank Indonesia, Kepala OJK RI, dan Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia, serta Gubernur dan Wakil Gubernur,

Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota diseluruh Indonesia untuk berkenan menjadikan perhatian khusus demi nasib dan masa depan perekonomian rakyat yang merupakan pilar utama kemandirian dan kedaulatan perekonomian bangsa Indonesia, serta guna menggapai terwujudnya sebuah keadilan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dalam menghadapi dan pasca wabah virus corona (Covid-19) beserta dampak yang diakibatnnya.

Secara khusus SURAT TERBUKA ini kami persembahkan dan haturkan kepada segenap rakyat terdampak wabah virus corona (covid-19) yang sebagian besarnya adalah pekerja informal yaitu para pedagang, petani, nelayan, ojek, sopir, becak, TKI, industri rumahan, pengrajin, pemulung dan pelaku ekonomi rakyat lainnya, dan segenap bangsa Indonesia diseluruh tanah air

Dengan sebuah pesan khusus: “Sekali Optimis Tetap Optimis, Mari Bersama dan Bersatu menghadapi Wabah Virus Corona (Covid-19) dengan tenang, arif dan bijak, serta tidak berhenti untuk selalu sejuk menyejukkan dan menaburkan kemanfaatan bagi rakyat, nusa, bangsa dan segenap mahluk yang ada dibumi nusantara”.

Semoga Tuhan Yang Maha Jaiz, Allah SWT., selalu memberikan perlindungan, kekuatan dan anugerah-NYA kepada seluruh rakyat dan bangsa Indonesia untuk mampu keluar secepat-cepatnya menghadapi Wabah Virus Corona (Covid-19) beserta dampak yang diakibatkannya, serta terbangun kembali tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagaimana sediakala

guna mewujudkan sebuah keadilan dan kesejahteraan bagi rakyat, nusa, bangsa, dan segenap mahluk yang ada diseluruh tanah air guna menggapai terwujudnya kejayaan nusantara yang adil, makmur dan adidaya, dan insya-Allah Wabah Virus Corona (Covid-19) pasti segera berakhir atas kehendak dan ridho Tuhan Yang Maha Kuasa, Amin Yra.

Atas perhatian dan perkenannya, kami menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Hormat kami.

TTD,-

dr. ALI MAHSUN ATMO, M. BIOMED.
Presiden GUMREGAH NUSANTARA

Media center APKLI Gumregah Nusantara