Surat terbuka dari presiden Gumregah Nusantara Dr Alimahsun Atmo,M.Biomed kepada presiden Republik Indonesia

Social share

Berandankrinews.com


Kepada Yth.
Presiden Republik Indonesia
Bapak Ir. H. Joko Widodo
Di Jakarta,-

Perihal :“Hanya Ada Satu (1) Komando, Sembilan (9) Harapan Rakyat Hadapi Wabah Virus Corona (Covid-19) Kepada Presiden RI”

Dengan hormat,-
Teriring do’a semoga Tuhan YME. senantiasa melimpahkan rahmat, karunia, dan anugerah-Nya kepada kita semua dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab keseharian untuk pengabdian kepada rakyat, nusa, bangsa, dan segenap mahluk yang ada diseluruh tanah air, serta lekas usai wabah virus corona (Covid-19), amin.

Sehubungan adanya Wabah Virus Corona (Covid-19) yang melanda sebagian besar Wilayah Negara RI yang mengancam keselamatan jiwa rakyat, terjadinya keterpurukan ekonomi rakyat dan bangsa Indonesia, serta situasi dan keadaan yang diakibatkan sangat mengganggu dan mempengaruhi semua aktifitas dalam bermasyarakat dan berbangsa yang menimbulkan kecemasan dan ketakutan bahkan kepanikan yang sangat luar biasa, maka, bersama ini, dengan penuh rasa hormat dan rendah hati,

kami selaku Presiden Ormas GUMREGAH NUSANTARA menyampaikan Surat Terbuka Kepada Yang Terhormat Presiden RI, Bapak Ir.H.Joko Widodo, baik selaku Kepala Pemerintahan RI maupun Kepala Negara RI Perihal : “Hanya Ada Satu (1) Komando, Sembilan (9) Harapan Rakyat Hadapi Wabah Virus Corona (Covid-19) Kepada Presiden RI”.

Sebagaimana yang telah kami sampaikan beberapa waktu yang lalu, yang diberitakan di Harian Terbit pada hari Jumat tanggal 13 Maret 2020 halaman 15 (terlampir) dengan judul; ‘Virus Corona Tak Boleh Ambrukkan Perekonomian Rakyat dan Bangsa’, dan ‘Gumregah Nusantara Minta Presiden Jokowi Beri Insentif Ekonomi dan Mensubsidi Kebutuhan Pokok Rakyat Hadapi Virus Corona’ pada hari Rabu tanggal 18 Maret 2020 yang menjadi Headline di Harian Terbit pada hari Kamis tanggal 19 Maret 2020 (terlampir) dengan

judul:‘Corona Bikin Daya Beli Menurun, Harga-harga Naik – Pemerintah Harus Beri Rakyat Sembako Gratis Selama Tiga Bulan’,serta adanya sebuah kesimpangsiuran yang menambah kepanikan rakyat,dan ketidakpastian nasib segenap rakyat dan bangsa kita ke depan,

kami mohon ijin diperkenankan untuk menyampaikan hal paling utama yang sangat ditunggu oleh segenap rakyat diseluruh tanah air dari Presiden RI, Bapak Ir. H. Joko Widodo selaku Kepala Negara RI, yang memiliki kewenangan, kewajiban dan tanggungjawab menghadirkan Negara RI untuk memastikan segenap tumpah darah dan bangsa Indonesia terlindungi oleh Negara RI dalam menghadapi Wabah Virus Corona (Covid-19) beserta dampak yang diakibatkannya sebagaimana amanah Pembukaan UUD 1945.

Perihal hal tersebut di atas, segenap rakyat dan bangsa Indonesia sangat mengharap kepada Presiden RI, Bapak Ir. H. Joko Widodo selaku Kepala Negara RI dalam tempo secepat-cepatnya berkenan untuk:

1)Mengambil sikap tegas dan berani yang berorientasi kepada perlindungan dan keselamatan jiwa seluruh rakyat dan bangsa Indonesia, serta memastikan ‘Hanya Ada Satu Komando Ditangan Presiden RI’ dengan Teamwork yang kredibel, kapabel, profesional, dan memiliki integritas kuat dan kokoh sehingga dalam tempo secepat-cepatnya penanganan Wabah Virus Corona (Covid-19) berhasil dengan efektif, efisien dan maksimal, serta tersudahi diseluruh wilayah negara RI.

2)Mengambil sikap tegas dan berani untuk mengalokasikan anggaran belanja Negara RI yang cukup dan memadai dalam penanganan Wabah Virus Corona (Covid-19) secara komperehensif dan terintegrasi secara utuh dan menyeluruh, mulai dari yang berdampak terhadap kesehatan dan keselamatan jiwa rakyat dan bangsa Indonesia (termasuk untuk tenaga medis, para medis, sarana dan prasarana kesehatan) hingga berbagai subsidi untuk menjamin kebutuhan dasar rakyat terpenuhi secara layak dalam menghadapi Wabah Virus Corona (Covid-19), baik yang usaha, ekonomi, dan pekerjaannya terdampak langsung maupun yang tidak terdampak langsung diseluruh tanah air.

3)Mengambil Sikap Tegas dan Berani untuk mengerluarkan peraturan dan kebijakan-kebijakan khusus yang diperlukan untuk percepatan penanganan Wabah Virus Corona (Covid-19) sehingga berjalan efektif dan efisien.

Pada kesempatan yang baik ini, perkenankan kami menyampaikan Sembilan (9) Harapan Rakyat Hadapi Wabah Virus Corona (Covid-19) kepada Presiden RI, Bapak Ir. H. Joko Widodo,

baik selaku Kepala Pemerintahan RI maupun Kepala Negara RI bahwa “Segenap rakyat diseluruh Indonesia membutuhkan sebuah kepastian kehadiran Negara RI yang diatur dalam tata peraturan yang dikeluarkan oleh Presiden RI, baik berupa Peraturan Presiden (PERPRES) RI, Keputusan Presiden (KEPRES) RI atau Instruksi Presiden (INPRES) RI bahkan jika perlukan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (PERPU) RI” atas beberapa hal dibawah ini :

1.Perlindungan kesehatan dan keselamatan jiwa dari ancaman Virus Corona (Covid-19).
2.Jaminan ketersediaan kebutuhan bahan pokok sehari-hari (sembako) yang diperuntukan bagi rakyat secara gratis yang dibiayai oleh APBN RI selama menghadapi Wabah Corona (Covid-19).

3.Jaminan ketersediaan kebutuhan Sabun Cuci Tangan Anti Septik dan Masker yang diperuntukkan bagi rakyat secara gratis dan dibiayai oleh APBN RI selama menghadapi Wabah Corona (Covid-19).
4.Penghapusan Pembayaran Pajak, Listrik, Telpon, dan Air selama menghadapi Wabah Corona (Covid-19).

5.Peniadaan Cicilan Pinjaman Rakyat di Bank, baik Kredit Komersial, Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Ultra Mikro Indonesia (UMI) maupun kredit lainnya, baik di bank milik pemerintah maupun milik swasta dalam negeri ataupun swasta Asing hingga satu (1) tahun ke depan atau hingga bulan Maret 2021.

6.Peniadaan Cicilan Pinjaman Rakyat di Leasing Kendaraan Bermotor Roda Dua dan Roda Empat di Bank, dan di Lembaga Keuangan Non Perbankan Multifinance, Pegadaian dan atau sejenisnya, baik milik pemerintah maupun swasta dalam negeri ataupun swasta asing hingga satu (1) tahun ke depan atau hingga bulan Maret 2021.

7.Peniadaan Cicilan Pinjaman Rakyat untuk perumahan baik Program Pemerintah FLPP maupun Non-FLPP di Bank, dan di Lembaga Keuangan Non Perbankkan Multifinance, dan atau sejenisnya, baik milik pemerintah maupun swasta dalam negeri ataupun swasta asing hingga satu (1) tahun ke depan atau hingga bulan Maret 2021.

8.Pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp. 1.000.000,00 (satu juta rupiah) per bulan per keluarga kepada rakyat yang secara langsung terdampak kehilangan usaha, ekonomi dan pekerjaan (petani, nelayan, pedagang, buruh, ojek, sopir, becak, pengrajin, industri rumahan, pemulung dan pelaku ekonomi rakyat lainnya) akibat Wabah Virus Corona (Covid-19) hingga satu (1) tahun ke depan atau hingga bulan Maret 2021.

9.Hanya ada satu (1) komando ditangan Presiden RI dalam menangani Wabah Virus Corona (Covid-19) diseluruh wilayah Negara Indonesia.

Demikian Surat Terbuka ini kami haturkan kepada Presiden RI, Bapak Ir. H. Joko Widodo, baik selaku Kepala Pemerintahan RI maupun Kepala Negara RI Masa Bakti 2019-2024, dan besar harapan kami dapat diperkenankan menjadi bagian dari pijakan dasar dalam Percepatan Tata Kelola Penanganan Wabah Virus Corona (Covid-19) beserta dampak yang diakibatkannya diseluruh Wilayah Negara RI demi / untuk kepentingan dan keselamatan segenap rakyat, bangsa dan mahluk yang ada diseluruh tanah air tercinta.

Semoga Tuhan Yang Maha Jaiz, Allah SWT., selalu memberikan perlindungan, kekuatan dan anugerah-NYA
kepada seluruh rakyat dan bangsa Indonesia untuk mampu keluar secepat-cepatnya menghadapi Wabah Virus Corona (Covid-19)

beserta dampak yang diakibatkannya, serta terbangun kembali tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagaimana sediakala guna mewujudkan sebuah keadilan dan kesejahteraan bagi rakyat, nusa, bangsa, dan segenap mahluk yang ada diseluruh tanah air

guna menggapai terwujudnya kejayaan nusantara yang adil, makmur dan adidaya, dan insya-Allah Wabah Virus Corona (Covid-19) pasti segera berakhir atas kehendak dan ridho Tuhan Yang Maha Kuasa, Amin Ya Rabbal Alamin

Atas perhatian dan perkenan Presiden RI, Bapak Ir. H. Joko Widodo, kami menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020
Hormat kami,

Tertanda

dr. ALI MAHSUN ATMO, M. BIOMED.
Presiden GUMREGAH NUSANTARA

Media center APKLI Gumregah Nusantara

Iwan Hammer