Salat Ied di Masjid Darussalam, Gubernur: Momentum Memperbaiki Kualitas Kesalehan Sosial

TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. H. Zainal Arifin Paliwang melaksanakan salat Iduladha 1443 H/ 2022 M bersama masyarakat di Masjid Darussalam, Minggu (10/07).

Ini menjadi kebiasaan Gubernur merayakan hari besar keagamaan di tengah-tengah masyarakat. Ia bersyukur karena perayaan Hari Raya Qurban tahun ini dapat berlangsung dengan baik.

Baginya perayaan ini memaknai keteladanan Nabi Ibrahim AS yang menunjukan ketaqwaan, keikhlasan, dan ketaatannya melaksanakan perintah Sang Pencipta.

“Esensi dari Iduladha adalah momentum untuk memperbaiki hubungan dengan sesama maupun dengan Allah swt. Inilah hari besar kemanusiaan dan keimanan yang ditandai dengan syiar penyembelihan hewan kurban,” katanya.

Pada kesempatan ini, ia menyampaikan beberapa hikmah dari iduladha yakni tentang ketaqwaan, hubungan dengan manusia, dan peningkatan kualitas diri.

Ketiga hal ini mengarah pada jati diri sebagai manusia yang utuh. Di mana dalam kehidupan sehari-hari ini saling berkaitan.

Selanjutnya, ia mengharapkan masyarakat turut mendukung pemerintah dalam perjuangan membangun dan pemerataan pembangunan pada seluruh wilayah agar tercapai cita-cita peningkatan derajat kehidupan bagi seluruh masyarakat Kaltara.

“Sebagai Gubernur, saya mengharapakan dukungan dari segala lapisan masyarakat. Baik tenaga maupun sumbangsih pemikiran,” jelasnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk mengamalkan nilai-nilai kepedulian sosial dan peka terhadap lingkungan sekitar.

“Dengan dukungan-dukungan tersebut kita dapat memenuhi kebutuhan pembangunan yang menyentuh masyarakat. Semoga kita semua diberi kekuatan dan kemudahan untuk hidup baru dan taat menurut ajaran Allah sebagaimana dicontohkan para nabi dan rasul,” tuntasnya. (dkisp)