Ketua umum APKLI Apresiasi Alfa group bebaskan sewa lapak PKL terdampak Corona di seluruh Indonesia


Jakarta-berandankrinews.com
“Secara khusus, selaku Ketua Umum DPP APKLI, kami sampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (Alfa Group) yang bebaskan sewa Lapak PKL terdampak wabah corona di depan geray Alfamart dan Alfamidi yang berjumlah 12 ribu lebih diseluruh Indonesia”.

Dampak ekonomi wabah corona sangat buruk, bersifat sangat mendalam dan panjang. Lebih buruk dari krisis ekonomi 97/98 bahkan bisa lebih buruk dari krisis ekonomi 1965. Karena pekerja informal yang jumlahnya 74 juta atau 58% dari 127 juta rakyat Indonesia yang bekerja dan usaha mikro, kecil menengah yang berjumlah 61 juta atau 98% dari total unit usaha diseluruh Indonesia yang paling awal dan terburuk terdampak wabah Corona.

Seketika usahanya ambruk, kehilangan pekerjaan dan mata pencarian hidup. Artinya ratusan juta rakyat Indonesia anjlok daya belinya, terancam kelaparan dan jatuh jadi warga miskin baru. Jika hal tersebut berlangsung lama pada ujungnya bisa timbulkan persoalan sosial yang sulit dikendalikan akibat adanya kelaparan massif dan massal.

Oleh karena itu, mereka harus segera mendapatkan bantuan sosial (bansos) sembako, Bantuan Langsung Tunai (BLT), serta keringanan beban daya beli dan beban usaha berupa stimulus dan insentif ekonomi, baik dari pemerintah, swasta domestik / asing maupun dari personal dan lembaga lainnya. Sehingga kebutuhan pangan rakyat tercukupi dan tidak ada yang kelaparan. Daya beli rakyat terdongkrak, serta pekerjaan dan usaha rakyat mampu bangkit kembali ditengah segala keterbatasan kedaruratan kesehatan masyarakat wabah Corona. Untuk maksud tersebut,

selaku Presiden Gumregah Nusantara, kami telah menyampaikan Maklumat Amanat Penderitaan Rakyat (AMPERA) Terdampak Wabah Corona kepada Presiden RI, Gubernur, Bupati/Walikota, BUMN/BUMD, serta segenap pemangku kepentingan diwilayah NKRI, juga kepada perusahaan swasta domestik dan asing diseluruh Indonesia pada tanggal 5 April 2020 yang lalu, tegas Presiden Gumregah Nusantara, dr. Ali Mahsun Atmo, M. Biomed., Ketua Umum DPP APKLI Rabu 29/4/2020 di Jakarta.

‘Alhamdulillah kami mendapatkan laporan bahwa PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (Alfa Group) telah ambil langkah positif membebaskan pembayaran sewa bagi PKL yang berjualan didepan geray alfamart dan alfamidi diseluruh Indonesia yang berjumlah lebih dari 12 ribu lapak (tenant)

selama dua bulan, yaitu April – Mei 2020 sehingga dapat ringankan beban usaha PKL yang omsetnya anjlok drastis akibat wabah corona. Apa yang dilakukan oleh Alfa Group ini seyogyanya, dan seharusnya dilakukan pula oleh yang lain. Semestinya juga dilakukan perusahaan makanan, minuman, rokok, dan perusahaan swasta domestik / asing diseluruh Indonesia.

Oleh karena itu, secara khusus, selaku Ketua Umum DPP APKLI, kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tinggnya kepada PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfa Group) yang bebaskan sewa Lapak PKL terdampak wabah corona di depan geray Alfamart dan Alfamidi yang berjumlah 12 ribu lebih diseluruh Indonesia.

Insya-Allah segera ‘getok tular’ dilakukan oleh para pihak dan pemangku kepentingan lain di negeri ini atas kehendak dan ridho Tuhan YME, amin”, pungkas Ali Mahsun Atmo dokter ahli kekebalan tubuh yang tinggalkan profesinya sejak 2011 dampingi PKL dan pelaku ekonomi rakyat kecil di Indonesia.

Muh Ishak Hammer