Keliling Sebatik, Gubernur Kaltara Bersama Rombongan Meninjau Proyek Disebatik

Nunukan, Berandankrinews.com– Kunjungan kerja hari kedua di Sebatik, Nunukan, Gubernur Kaltar meninjau sejumlah aktivitas di SKPT (sentra kelautan dan perikanan terpadu) Desa Sei Pancang, Kecamatan Sebatik Utara, Selasa (15/1) kemarin.

Gubernur bersama rombongannya melihat langsung pusat pelayanan terpadu, seperti Syahbandar, Bea Cukai, Imigrasi, Kesehatan Pelabuhan, Dinas Perikanan Kabupaten Nunukan, Badan Karantina Ikan dan Pengawas Mutu, serta Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.

Irianto juga meninjau rumah produksi es balok Toko Nelayan “Lima Putra” dan servis yang ada di lokasi sebatik. Semuanya dikelola Koperasi Nelayan “Sebatik Mandiri Jaya”.

Menurut Irianto, Yang menjadi perhatian, adalah kedisiplinan pekerja juga pentingnya pemeliharaan sarana dan prasarana yang ada. Juga harus adanya kontinuitas dan peningkatan kualitas pelayanan. Secara umum, kondisi fisik sarana dan prasarana yang ada di SKPT Sebatik masih baik, karena relatif merupakan gedung baru.

Selanjutnya Irianto bersama rombongannya meninjau lokasi pembangunan drainase lingkungan Pulau Sebatik di Jalan Haji Badannu, Kecamatan Sebatik Timur.

“Ada 4 lingkup kegiatan pada proyek ini, yakni kawasan Jl H Badannu, Jl Bakti Husada, Jl. Gang H Nori, dan Jl Gang H Bahri. Waktu pelaksanaan kegiatan 210 hari kalender dengan total anggaran Rp 3,55 miliar. Semuanya sudah terealisasi 100 persen,” Kata Irianto

Irianto bersama rombongan juga meninjau pelayanan kesehatan melalui program dokter terbang yang dilaksanakan Pemprov Kaltara di Puskesmas Sungai Nyamuk.

Irianto menuturkan, Disini ada beberapa pelayanan dokter spesialis anak, penyakit dalam, dan spesialis kandungan.

“Pelayanan kesehatan ini dilakukan secara periodik di lokasi pelayanan yang wilayahnya sulit. Program ini sudah merupakan gagasan, sejak saya menjadi Pj Gubernur pada 2014 lalu,” Jelas Irianto

Dia menambahkan, Kalau ada penyakit yang tak bisa ditangani disini, maka bisa dirujuk ke RSUD kabupaten atau RSUD Tarakan. Kalau ada yang tidak bisa bayar iuran BPJS Kesehatan, lapor kepada Dinkes Kaltara. Pemprov akan bantu pembayaran iuran BPJS selama satu tahun.

Dia menyampaikan, Program ini sudah berjalan 2 tahun, dan Kaltara tahun lalu sudah capai status UHC. Insya Allah, tahun depan akan UHC 100 persen. Program ini untuk 4 orang dalam satu keluarga. Yang penting, jaga kesehatan juga awasi bahaya stunting terhadap anak. Jaga makan dan minum anak.

Usai berkunjung ke Puskesmas Sungai Nyamuk, Gubernur melanjutkan kunjungannya meninjau pembangunan TPA Pulau Sebatik di Desa Bukit Aru Indah, Kecamatan Sebatik Tengah. Kegiatan tersebut yang dilakukan oleh Kemenpupera pada tahun 2017, dengan nilai anggaran Rp 14,8 miliar. Saat ini Realisasinya, sudah 100 persen.

“TPA ini dibangun pada lahan seluas 2 hektare, sementara landfill-nya sendiri seluas 0,8 hektare. Saya berharap, TPA ini mampu menjadi sarana dan prasarana pengelolaan sampah dengan sistem sanitary landfiil yang mampu melayani sampah dari 18 ribu jiwa masyarakat Sebatik,” Tutur Irianto

Selanjutnya, saya mengunjungi SMA Negeri 1 Sebatik di Desa Padaidi, Kecamatan Sebatik Induk. Bersama para siswa, saya mengikuti pengucapan ikrar Pelajar Anti Narkoba Kecamatan Sebatik oleh pelajar Sebatik dan generasi Jarwasnaba Sebatik.

Kemudian Gubernur langsung menuju Sekolah SMA Negeri 1 Sebatik untuk menandatangani prasasti Pelajar Anti Narkoba, diikuti rombongan pejabat lainnya.

Irianto Lambrie berpesan, rajin belajar dan manfaatkanlah teknologi informasi yang tersedia saat ini dengan bijak. Manfaatkan usia yang ada untuk menambah pengetahuan seluas-luasnya, dan kalau bisa di usia muda sudah lulus dari pendidikan formal yang ada.

Dalam kesempatan itu, Irianto melakukan peresmian RKB (ruang kegiaan belajar), ruang perpustakaan dan Laboratorium Komputer untuk sejumlah pendidikan menengah di Sebatik. (Humas Pemprov Kaltara)