Gabungan TNI-Polri “Patroli Peduli” Mengunjungi Seorang Bapak yang Tinggal di Ujung Kota Nunukan

NUNUKAN – Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro S.I.K MH, dan Damdim 0911 Nunukan Letkol CZI Eko Pur Indriyanto SE, MI Pol, M.Tr (Han) beserta rombogannya pergi berkunjung ke Tanjung harapan kepada seorang bapak yang bernama Tekka Sanaba. Sekitar pukul 11.30 wita telah dilaksanakan kegiatan “PATROLI PEDULI ” (Program Bapak Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro SIK, MH), Jumat (18/10/2019).

AKBP Teguh Triwantoro S.I.K MH, dan Letkol CZI Eko Pur Indriyanto SE, MI Pol, M.Tr (Han) ketika memberikan bantuan kepada bapak Tekka Sanaba (Pacik Puntung).

Kegiatan Patroli Peduli tersebut dilaksanakan oleh Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro SIK, MH, Dandim 0911/Nunukan Letkol CZI Eko Pur Indriyanto SE, MI Pol, M. Tr (Han), Danramil 0911-01/Nunukan, Mayor inf Susena, Kapolsek KSKP Tunontaka AKP Oman, beserta para Pa dan pers Polsek KSKP, Danramil 0911-08/Nunukan selatan Kapten inf Eko Dariyanto, Kapolsubsektor nunukan Selatan Aipda Rohmat beserta pers Polsubsektor, Ketua RT 05 Tanjung Harapan Khairul Ahmad, Ketua RT 08 Tanjung Harapan Haje Manjekani.

Sasaran Patroli Peduli  adalah Sasaran pertama seorang warga yang bernama Tekka Sanaba alias Pacik Puntung (tangannya buntung) Suku Bugis Palopo yang tinggal di Jalan Dewi Sartika RT 08 Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan.

Bapak Tekka Sanaba alias Pacik Puntung tinggal seorang diri di gubuk berdindingkan karung beras di lahan tanah milik H. Ramli, sekaligus  menjaga 10 ekor kerbau milik H. Ramli.

Pacik Puntung merupakan Deportan (pada tahun 2014) dari Kota Kinabalu Malaysia akibat paspotnya tidak diperpanjang. sebelum di Deportasi dari Malaysia,  Pacik Puntung bekerja di Shawmil dan mengalami musibah Laka kerja yang mengakibatkan tangan sebelah kiri putus dan mengalami cacat permanen.Untuk memenuhi kebutuhan sesehari-hari Pacik Puntung hanya mengandalkan belas kasihan para tetangga dan pemberian H. Ramli.

Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro S.I.K MH mengatakan Patroli Peduli ini sudah lama di lakukan dan buat warga yang sudah dibantu agar bisa lebih baik kedepannya.

“saya berharap paci tersebut dibantu untuk dibuatkan KTP agar bisa lebih mudan dibantu kalau perlu Rt setempat bisa dibuatkan BPJS agar tidak sulit untuk berobat,”jelasnya Kapolres Nunukan Teguh Triwantoro kepada awak media.

Ada pun sasaran kedua dari kegiatan “Patroli Peduli” ini yaitu kepada Ibu Ana suku Bugis Pinrang yang tinggal diJalan Dewi sartika RT 05 Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Nunukan Selatan. Ibu Ana adalah seorang Janda (suami meninggal tahun 2018)  memiliki 5 orang anak (dua orang telah menikah), untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Ibu Ana dibantu oleh anak ke-3 nya. NINA 14 tahun kerja Mabettang (upah ikat rumput laut) dengan upah sekitar 50-100 ribu perhari.

AKBP Teguh Triwantoro S.I.K MH, dan Letkol CZI Eko Pur Indriyanto SE, MI Pol, M.Tr (Han) ketika memberikan bantuan kepada Ibu Ana dan keluarga.

Ibu Ana beserta ketiga anaknya tinggal dirumah sederhana yang dibangun oleh Alm suaminya sewaktu masih hidup dengan rumah ukuran 5×6 meter.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres dan Damdim memberikan Tali asih kepada warga yang dikunjungi  sebagai bentuk kepedulian kepada sesama.

Dandim 0911/Nunukan Letkol CZI Eko Pur Indriyanto SE, MI Pol, M. Tr (Ham) mengatakan saya berharap agar anak Ibu Ana bisa melanjutkan sekolah, ungkapnya.

“Babinsa dan Polsub sektor Nunukan selatan akan membantu anak ibu Ana agar mau melanjutkan sekolahnya sehingga kedepanya keluarga ibu Ani bisa lebih baik lagi ,”harapan Dandim 0911/Nunukan Letkol CZI Eko Pur Indriyanto.

Charles Suban Hayon