Dua tahun lagi, Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP


Nusa Tenggara Barat (NTB),Berandankrinews.com – masyarakat Indonesia pencinta MotoGP untuk melihat balapan motor paling bergengsi secara langsung sepertinya akan terwujud. Tahun 2021, Dua tahun lagi, Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP. Balap motor kelas dunia ini akan digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepada awak media, Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer, mengaku telah meneken kontrak dengan Dorna sebagai penyelenggara balapan bergengsi itu.

“Kita bersaing dengan Brasil, tetapi akhirnya kita yang dapat di 2021. Kita tandatangani kontrak dengan Dorna pada Januari. Kita siapkanvenue, bangun sirkuit,” ujar Abdul, Selasa (19/2/2019).

Dalam membangun sirkuit Mandalika, Abdul mengungkapkan bahwa pihaknya menggandeng Perusahaan konstruksi Prancis, Vinci Construction Grands Projects. Mengenai dana, lebih lanjut Abdul mengungkpakan bahwa untuk membangun sirkuit di Mandalika. ITDC juga telah mendapatkan pendanaan dari Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB).

Dengan pendanaan tersebut, Abdulbar mengklaim bahwa sirkuit sepanjang 4,3 Km di Mandalika tersebut nantinya akan menjadi sirkuit terbesar kedua di Dunia setelah sirkuit di China. Abdulbar juga mengungkapkan, sirkuit tersebut nantinya juga akan memancing datangnya wisatawan ke NTB.

“Akan menjadi sirkuit terbesar kedua di Dunia setelah China yang mampu menampung 400 ribu Penonton. Indonesia nomor dua setelah China penontonya,” urainya.

Menurut Abdulbar, untuk satu kali balapan, membutuhkan waktu minimal empat hari untuk tahap kualifikasi hingga balapan. Pada periode satu hari, ungkapnya, sedikitnya ada 100 ribu orang yang akan hadir.

“Untuk 1 race butuh 4 hari, kan harus kualifikasi, ada Moto2. Setiap hari 100 ribu, yang hari terakhir lebih dari 150 ribu. Jadi satu balapan, termasuk MotoGP, mungkin bisa 300 ribu orang,”  paparnya.

Diketahui dari Abdulbar pula bahwa PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC akan memulai pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Oktober 2019.(edy,s)