Cabang Rutan Sinabang Aceh Terbakar, Dirjenpas Serukan Pemulihan Segera

Berandankrinews.com –Banda Aceh — Kobaran Api meluluhlantakkan Cabang Rutan Sinabang Aceh, Ahad dini hari tadi, (17/03/2019), pukul 02.00 WIB. 5 ruang hunian habis terbakar, termasuk sebagian besar kantor, klinik ruang kesehatan,” kata Ibnu Chuldun, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Ibnu menjelaskan bahwa kondisi tersebut berdasarkan laporan atensi pimpinan Kadivpas Banda Aceh kepada Dirjenpas. Menurutnya saat kejadian naas tersebut, Cabang Rutan Sinabang berpenghuni 82 warga binaan.
“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, 53 warga binaan telah dievakuasi ke Polres Simeulue dan 29 tetap tinggal di Cabrut Sinabang kamar hunian lain yang masih bisa difungsikan” ungkapnya.

Suparman, Kepala Cabang Rutan Sinabang , menyampaikan bahwa penyebab kebakaran adalah akibat dampak kebakaran yang terjadi di ruko – ruko kayu, yang berjarak hanya 1 meter dari Cabrut Sinabang.

“Selain ruang hunian dan klinik, sarana prasarana penting termasuk IT ikut rusak parah sehingga mengganggu kegiatan pelayanan bagi warga binaan dan yang masih bisa digunakan adalah kamar hunian, mushola dan dapur.” sebut Suparman.

Namun rencananya besok 53 warga binaan yg dititipkan ke Polresta Simeulue akan ditarik kembali.

Ia mengharapkan agar fasiltas yang terbakar dan rusak dapat segera kembali normal.

Ibnu mengungkapkan harapan agar situasi tetap kondusif dan pelayanan kepada warga binaan tetap dilaksanakan dengan baik, di tengah keterbatasan saat ini.

“Sesuai arahan Bu Dirjen, kami telah menurunkan tim pusat untuk pengecekan pasca kebakaran dan melakukan langkah-langkah upaya perbaikan dan pemulihan ,” pungkasnya (fri).