Bupati Ingin Nunukan Menjadi Pusat Agro Bisnis di Perbatasan

Social share

Berandannkrinews.com, Nunukan (Kaltara)-Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid saat memaparkan visi misi Pemerintah Kabupaten Nunukan di Indonesia Visionary Leader season 4 di Gedung SINDO, Kebon Sirih, Jakarta, Jumat 23/11/2018

Bupati Nunukan, Kalimantan Utara, Hj. Asmin Laura Hafid.SE.MM bertekad menjadikan daerahnya sebagai pusat Agro Bisnis di wilayah terdepan Indonesia. Orientasi ekspor bahan pertanian dan perikanan kini tengah disiapkan.

Laura mengatakan, Nunukan merupakan salah satu wilayah terdepan Indonesia yang berbatasan langsung dengan Negara Tetangga Malaysia, namun Nunukan memiliki potensi pertanian hingga perikanan dan kelautan seperti Rumput laut yang bisa dikembangkan demi kesejahteraan masyarakat.

“Visi misi pemerintahan adalah menjadikan daerah kami sebagai sentra agro bisnis. Target kami potensi pertanian bisa dikembangkan dan berorientasi ekspor,” kata Laura saat memaparkan visi misi Pemerintah Kabupaten Nunukan di Indoneisa Visionary Leader (IVL) season 4 di Gedung SINDO, Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (23/11/2018).

Laura mengakui tidak mudah mewujudkan visi-misi di atas, Ada sejumlah tantangan yang dihadapi Pemerintah kabupaten Nunukan.

Di antaranya terbatasnya infrastruktur akibat kondisi geografis yang sulit untuk mengjangkau wilayah pedalaman utamanya wilayah tau lumbis yang hanya dilalui dengan tranportasi sungai yang jeram sangat membahayakan bagi masyarakat, apabila medan tersebut tidak dikuasai motoris.

“Untuk koneksi antara satu daerah dengan yang lain memang kami masih butuh peningkatan infrasktuktur misalnya sarana armada laut,” kata Laura

Tak hanya minimnya infrastruktur, Nunukan juga masih mengalami krisis energi pada Hal Nunukan merupakan penghasil energi, kecamatan sembakung Sebagai daerah penghasil energi, Laura mengatakan masyarakatnya saat ini masih mengalami krisis listrik.

Laura berharap, melalui Indonesia Visionary Leader ini, potensi yang dimiliki Kabupaten Nunukan bisa dikenal lebih luas di tingkat Nasional maupun diskala internasional dan memohon dukungan dan sportivitas dari semua kementerian untuk bisa membangun kabupaten nunukan disemua sektor. (*/)