Menipu 5 Korban, Polisi Gadungan Pangkat AKBP Diamankan

Nunukan, Berandankrinews.com-Jajaran Polsek KSKP berhasil mengungkap kasus penipuan berkedok Polisi Gadungan diwilayah Hukum Polres Nunukan.

Sima LC yang belum diketahui asalnya hanya menumpang disebuah rumah milik Herma di Jl. Ujang Dewa Sedadap, Nunukan Selatan.

Berawal dari korban berinisial NJ saat berkunjung kerumah Herma, disaat itu korban bertemu Sima LC yang mengaku sebagai Anggota Polri berpangkat AKBP pada 26 Desember 2018 lalu.

Saat asyik membahas pekerjaan dan tes CPNS, Sima LC Polisi Gadungan itu meminta data NJ, lantaran NJ tidak lolos pada CPNS tahun lalu. Sehingga Sima memanfaatkan situasi itu untuk menipu NJ.

Pada 31 Desember 2018, NJ memberikan data dan uang tunai sebesar 45 juta rupiah kepada Sima dan dijanjikan pada 4 Januari 2019 akan ada pengumuman kelulusan cpns, Namun hingga saat ini NJ tidak mendapatkan apa yang dijanjikan Sima.

Karena itu NJ melaporkan ke aparat kepolisian, dari laporan tersebut aparat kepolisian pun langsung memancing pelaku dirumah Herma dengan membicarakan bahwa ada yang ingin masuk menjadi Polwan, saat pelaku itu tiba dirumah yang ditumpanginya itu, aparat kepolisian langsung menyergap pelaku.

Kapolres Nunukan AKBP Teguh melalui Kasubag Humas Iptu M. Karyadi membenarkan adanya polisi gadungan yang mengaku berpangkat AKBP dan melakukan penipuan dengan cara meloloskan orang masuk jadi PNS atau anggota Polri.

Karyadi mengatakan, Salah satu korban yang telah melapor berinisial NJ dijanjikan lolos jadi PNS dengan membayar 45 juta rupiah.

Dari laporan tersebut kita lakukan penangkapan dengan cara menjebak pelaku dirumah tempat ia menumpang.

“Pelaku kita jebak dengan membicarakan ada yang ingin masuk menjadi anggota polri, saat itu personil kita sudah ada dirumah tersebut, ketika pelaku tiba dirumah itu langsung dilakukan pengakapan,” jelas Karyadi.

Lanjutnya, Selama ini sudah ada 5 orang korban.

“Ada 5 orang korban dengan hasil yang dikumpulkan mencapai 410 juta rupiah,”Ungkap Karyadi.

Pelaku dijerat Pasal 378 tentang penipuan dengan ancaman penjara 4 tahun. (**/win66)