Danrem 091/ASN Hadiri Prosesi Pembukaan Erau Adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura

213 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

KUTAI KARTANEGARA– Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Widi Prasetijono mengahadiri acara Pembukaan Erau Adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Tahun 2019 yang merupakan pesta adat Kutai Kartanegara yang di pusatkan di kawasan Museum Mulawarman Jl. Diponogoro, Kelurahan Panji Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Minggu (8/9/2019).

Tradisi adat budaya Erau tahun ini dengan tema “Eroh Bepijak Awal Kerabat di Rakat, Kampong di Rakat, Rakyat di Rakat Be Harkat Be Berkat”. Yang akan dilaksanakan selama 7 hari yaitu mulai tanggal 8 sampai dengan 15 September 2019 dan selanjutnya akan dilaksanakan Tenggarong Internasional Folk Arts Festival (TIFAF) yang akan di mulai pada 21-29 September 2019.

Acara Erau Adat Kutai Kartanegara Ing Martadipura adalah acara yang rutin dilaksanakan oleh Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura pada setiap tahunnya. Prosesi mendirikan Tiang Ayu serta Titah Sultan dalam membuka Erau dan  Penyalaan Berong sebagai tanda dimulainya pelaksanaan Erau Adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Disela-sela acara Danrem 091/ASN mengatakan “Kegiatan tersebut sebagai upaya melestarikan Tradisi Adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura yang menjadi salah satu ikon kegiatan budaya di tanah air serta mengangkat Festival Budaya Daerah ke Kancah Internasional dengan melibatkan peserta Kesenian Rakyat,” jelasnya.

(Penrem 091/ASN)