Peluncuran Buku Resep Masakan Hasil Karya Chef Muto

162 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Jakarta — Buku resep masak terbaru karya Chef Muto berjudul “Jurus Masak Enak Ala Chef Muto”. Diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Buku karya Chef yang jago akrobat dengan peralatan dapur saat memasak yang dikenal dengan julukan ‘Kungfu Chef’ menulis resep makanan dan minuman sebanyak 48 resep.

“Resep dalam buku ini saya buat pertama kali saat syuting program masak Kungfu Chef tahun 2010, ditayangkan disebuah TV swasta. Dalam proses memasaknya, saya dibantu artis-artis Indonesia yang menjadi bintang tamu pada program tersebut. Sebagai bagian dari dedikasi saya di dunia boga, saya ingin membagikannya kepada para pencinta kuliner. Semua resep dalam buku ini cocok disajikan sebagai hidangan keluarga,” tutur Chef Muto yang jago bahasa Turki dan Rusia serta multi talenta karena selain gemar memasak sedari kecil juga suka olah raga, melukis, musik dan menyanyi, saat launching buku resepnya yang dirangkaikan dengan demo masak bersama para ibu-ibu di Palmerah Jakarta Selatan, Rabu, (14/08/2019).

Perjalanan karier Chef Muto awalnya belajar memasak dari resto ke resto. Pernah bekerja di Sausage Word lalu ke Turki di Hotel Voyage yang berbintang 5, kemudian di Hotel Ela Quality bintang 7, Antalya Turki. Masakannya digemari orang Turki, Jerman, terutama Zafer Caglayan Menteri Ekonomi Turki. Sejumlah sertifikatpun diperolehnya dari Turki seperti Chef Star dan AISO untuk kategori higiene atau kebersihan dapur.

“Buku ini menyajikan beragam resep yang atraktif namun menghasilkan makanan dan minuman yang lezat dan istimewa. Atraktif karena dalam mengolah makanan saya menggunakan teknik juggling yang mirip gerakan kungfu. Teknik tersebut saya ciptakan sendiri untuk menambah daya tarik pencinta kuliner agar mau belajar memasak dengan inovasi yang berbeda. Setiap resep, saya selalu menggunakan rempah asli Indonesia yang membuat makanan menjadi lezat,” imbuh Chef Muto yang bernama lengkap Mutofik Sultoni pria enerjik kelahiran Tegal 25 November 1979.

Buku resep ini sudah bisa dibeli di berbagai toko buku dan toko online. Yang menarik dari resep di buku ini beberapa menunya bisa dipadukan dengan nasi maupun roti cane. Menunya juga bercampur jadi tidak dipisah antara makanan pembuka, makanan berat, makanan penutup. Adapula kombinasi dari beberapa bahan yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Tak lupa Chef Muto berpesan kepada ibu-ibu agar selalu berhati-hati memilih bahan baku makanan yang akan diolah karena saat ini banyak bahan makanan maupun buah-buahan yang terpapar zat pengawet berbahaya/ formalin walaupun dibeli di supermarket. Harus lebih teliti melihat teksturnya.

Acara launching buku resep ini sangat meriah karena selain dirangkaikan demo masak, adapula ditampilkan atraksi sulap, lagu-lagu dan berbagai doorprize yang menarik dari para sponsor. Buku resep yang dibeli juga langsung ditandatangani oleh Chef Muto. Sukses selalu ya Chef memperkenalkan masakan Indonesia ke Mancanegara. Penulis juga berkesempatan memasak bareng Chef Kungfu. Suatu pengalaman yang tak terlupakan.
(fri)