Tim Binmas Polda Kaltara Lakukan Kuker di Polres Nunukan dan Gelar Lomba Bhabinkamtibmas

339 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Berandankrinews.com-Nunukan, Tim Binmas Polda Kaltara di Pimpin Direktorat Bimbingan Masyarakat, Kombes Drs. Moh Yamin Sumitra dan Anggota lakukan kunjungan kerja di wilayah hukum polres Nunukan.

Tim Binmas Polda Kaltara yang tiba kemarin di Nunukan di sambut baik jajaran Polsek Nunukan, Polsek Kskp di Pelabuhan Liem Hie Jieung (PLBL) Nunukan.

Dalam Kuker Dir Binmas ke Polres Nunukan untuk mengumpulkan Para Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Nunukan yang tersebar di tiap Desa/Kelurahan di Kabupaten Nunukan.

Pagi tadi, Dir Binmas Polda Kaltara Kombes Drs. Moh Yamin Sumitra di dampingi Kapolsek KSKP, AKP I Eka Berlin, memberikan pengarahan kepada anggota Bhabinkamtibmas perwakilan dari 9 Polsek diantaranya, Polsek Nunukan, Polsek sebatik Timur, Polsek sebatik Barat, Polsek Lumbis, Polsek Sembakung, Polsek Sebuku, Polsek Krayan dan Krayan Selatan yang berjumlah 30 Anggota Bhabinkamtibmas, di Ruang Endra Dharmalaksana Polres Nunukan.

Dalam arahanya kepada para Bhabinkamtibmas, Dir Bimmas menekankan agar Peran penting seorang anggota Bhabinkamtibmas yang bertugas di Desa Binaan, Desa Pantauan dan Desa Sentuhan, harus benar-benar dapat dirasakan manfaatnya dan kebutuhan bagi Masyarakat setempat.

“Seorang Bhabinkamtibmas dengan semboyan” Sedapur Sekasur dan se-Sumur ” ini harus betul-betul di di pahami bahwa kedekatan Bhabinkamtibmas kepada Masyarakat tidak bisa di pisahkan dimana ada Masyarakat di situ ada Sosok seorang Polisi Bhabinkamtibmas yang mengemban Keamanan dan perlindungan kepada masyarakat,” Tutur Dir Binmas.

Kedatangan Tim Binmas Polda ke Polres Nunukan juga bertujuan untuk melihat persiapan dalam rangka HUT Bhayangkara ke-73 dan untuk melaksanakan Lomba bagi Para Bhabinkamtibmas jajaran Polda Kaltara.

Hal itu sesuai Arahan Waka polri dan As OPS dalam Video conference terkait persiapan HUT Bhayangkara agar melaksanakan kegiatan-kegiatan di antaranya Lomba Bhabinkamtibmas.

Dalam Lomba Bhabinkamtibmas, Kriteria Penilaian Bhabinkamtibmas yang mempunyai kepedulian dan melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat, serta melaksanakan Problem Solving yaitu menyelesaikan permasalahan masyarakat baik sosial, lingkungan, didesa atau kelurahan.

Lomba juga akan menyasar bagi Bhabinkamtibmas yang membangun Sinergitas Komunikasi aktif bersama tiga Pilar yaitu Babinsa, Bhabinkamtibmas dalam mengelola Menejemen Pembinaan terhadap masyarakat Desa.

Lomba ini juga Menilai Keaktifan Para Bhabinkamtibmas dalam melakukan Pengawasan memberikan secara aktif laporan terhadap pemanfaatan penggunaan Dana Desa sesuai arahan Kapolri saat melaksanakan MOU antara Kapolri, Kemendes, dan Mendagri dalam Penggunaan Dana Desa.

Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro, SIK, MH dalam Anev mingguan bersama para pejabat Polres, Kasat , Kapolsek dan Perwira, selalu menekankan kepada Kasat Binmas dan para Kapolsek agar peran Bhabinkamtibmas dimaksimalkan sehingga betul-betul menjadi sosok seorang Polisi yang mengayomi bagi kepentingan Masyarakat dan sekaligus menjadi sosok tempat mengadu masyarakat, tempat curahan masyarakat dalam menyesalkan permasalahan yang ada di tengah-tengah Masyarakat yang ada di Desa. (Humas)